kievskiy.org

Jelaskan Potensi Nikel Indonesia, Luhut Pandjaitan Tak Menyangka Disambut Ramah oleh Elon Musk

Luhut Binsar Pandjaitan beberkan isi pertemuan dengan Elon Musk.
Luhut Binsar Pandjaitan beberkan isi pertemuan dengan Elon Musk. /Facebook.com/Luhut Binsar Pandjaitan


PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan isi pertemuannya dengan CEO Tesla Elon Musk. Pertemuan ini berlangsung di markas Tesla, Texas, Amerika Serikat.

Luhut Pandjaitan mengaku tak menyangka Elon Musk bersikap ramah dan mau meluangkan waktunya untuk menyambut rombongan. Ia pun menyebut pertemuannya itu berlangsung selama kurang lebih satu jam.

Kepada Elon Musk, Luhut memaparkan bahan baku baterai kendaraan listrik sedang dieksplorasi di Indonesia.

"Saya tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," ujar Luhut melalui unggahan di Facebook-nya, Selasa, 26 April 2022.

Baca Juga: Ukraina akan Bangkrut oleh Utang Pengadaan Senjata, Pengamat Sebut AS ‘Pemenang Perang’ dengan Rusia

Menurut asisten Elon, kata Luhut, tidak biasanya Elon Musk mau menerima tamu seperti kali ini. Alhasil, Luhut pun mengaku penasaran ada apa gerangan Elon mau menerima dirinya bersama rombongan?

"Antusiasme dan ketertarikan saya lihat dari wajah nya, namun saya penasaran mengapa Elon yang beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa "policy" terkait industri "electric vehicle" dan pengolahan nikel di Indonesia, kini bersemangat. Apakah karena cuaca hujan yang baru turun di Texas setelah sekian lama ini membawa berkat tersendiri bagi tim delegasi kami, ataukah memang sosok Presiden @jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang "reputable" karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil meski dalam situasi pandemi?" terang Luhut

Lebih lanjut, Luhut mengaku lega lantaran Elon Musk tertarik dan antusias dalam tawaran kerja sama tentang potensi industri nikel di Indonesia.

Baca Juga: BRIN Bangun Laboratorium Terpadu Riset Oseanografi

"Yang paling melegakan bagi adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya karena ia anggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat