kievskiy.org

Wamendag Jerry Sambuaga Ajak Investor Singapura Lirik Bisnis Kripto Indonesia

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan pasar kripto yang menjanjikan bisa memberikan peluang bagi para investor Singapura berbisnis di Indonesia
Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan pasar kripto yang menjanjikan bisa memberikan peluang bagi para investor Singapura berbisnis di Indonesia /Reuters/Dado Ruvic

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan pasar kripto yang menjanjikan bisa memberikan peluang bagi para investor Singapura untuk berbisnis di Indonesia.

"Peluang bisnis kripto di Indonesia terbuka lebar. Ini menjadi kesempatan bagi para investor untuk berbisnis di Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 16 Juli 2022.

"Tentu saja, bisnis yang dijalankan harus tetap menerapkan peraturan yang berlaku di Indonesia," katanya.

Menurut Jerry, Indonesia dan Singapura juga dapat bekerja sama untuk mengamankan data-data sensitif dan aset-aset digital yang dapat ditransaksikan melalui platform perdagangan luar negeri yang bersifat lintas-batas (cross border).

Baca Juga: Kemendag Catat Pembeli Aset Kripto hingga Juni 2022 Capai 14,6 Juta

Kerja sama antarinstansi pemerintah dapat dilakukan untuk mengantisipasi risiko kehilangan aset digital dan risiko penggunaannya.

"Kita juga dapat bekerja sama membangun platform blockchain tunggal berbasis komunikasi antarpemerintah untuk mengantisipasi kehilangan data-data penting, mengurangi biaya pelatihan, mengurangi biaya administrasi, dan menetapkan satu standar yang dapat menciptakan efisiensi pembiayaan lainnya," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan mencatat transaksi aset kripto pada tahun 2021 mencapai Rp859,4 Triliun. Adapun jumlah pembeli aset kripto Tahun 2022 hingga Juni sudah mencapai 14,6 juta.

Demografi nasabah aset kripto menunjukkan bentangan yang cukup menarik. Pria cukup mendominasi, yaitu 79 persen dan wanita 21 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat