kievskiy.org

Inventory Management System by Jurnal.id: Pengertian, Manfaat, dan Metode

Ilustrasi. Inventory management system atau sistem manajemen inventaris adalah software yang membantu  proses pencarian, penyimpanan, dan menjual persediaan produksi, baik bahan mentah atau baku dan barang jadi atau produk yang dilakukan secara sistematis.
Ilustrasi. Inventory management system atau sistem manajemen inventaris adalah software yang membantu proses pencarian, penyimpanan, dan menjual persediaan produksi, baik bahan mentah atau baku dan barang jadi atau produk yang dilakukan secara sistematis. /Pixabay/pixelcreatures


PIKIRAN RAKYAT - Menjadi sebuah kewajiban bagi perusahaan untuk mempunyai inventory management system dengan baik. Ini bukan hanya berfungsi sebagai pelengkap proses produksi saja, akan tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan efektifitas dari alur produksi yang sudah ada dalam sebuah perusahaan. 

Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalisir resiko kerusakan barang serta pembengkakan biaya akibat penyimpanan barang produksi yang terlalu lama. Maka dari itu, dibutuhkan informasi mendetail mengenai inventory management system itu sendiri.

Secara mudahnya untuk inventory management sendiri merupakan sebuah proses pengelolaan barang stok atau manajemen inventaris. Biasanya proses pengelolaan ini akan meliputi berbagai hal mulai dari pencarian, penyimpanan, serta menjual persediaan yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh sebab itu, namanya pengelolaan harus diproses dengan optimal dalam setiap fasenya. 

Apa itu Inventory?

Sebelum Anda beranjak terlalu jauh, ada baiknya Anda memahami dan mengerti Arti dari inventory itu sendiri. Inventory merupakan sebuah barang yang dikelola oleh perusahaan dengan tujuan untuk dijual kepada pelanggannya. Sehingga, inventory ini dapat berupa bahan mentah yang dibeli dan diubah menjadi sesuatu yang sama sekali baru.

Tidak sampai disitu saja, akan tetapi biasanya produk berupa produk massal yang diuraikan menjadi bagian-bagian penyusunnya sekaligus akan dijual secara terpisah. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang menjadi sesuatu yang sama sekali tidak berwujud seperti perangkat lunak. 

Baca Juga: Jawab Hujatan Netizen Usai Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Baim Wong: Biar Legal, Ga Musiman

Apa itu Inventory Management?

Jika tadi Anda sudah tahu arti dari inventory itu sendiri, kini beranjak untuk lebih jauh mengenal dan memahami artikel dari inventory management yang sudah sempat dibahas pada awal pembukaan. 

Inventory management tidak lain dan tidak bukan  dikenal juga sebagai manajemen inventaris yang artinya suatu proses pencarian, penyimpanan, dan menjual persediaan produksi, baik bahan mentah atau baku dan barang jadi atau produk yang dilakukan secara sistematis. Untuk istilah bisnisnya sendiri, manajemen persediaan merupakan pengelolaan persediaan yang tepat, pada tingkat, tempat, waktu, dan pada biaya serta harga yang tepat pula.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat