kievskiy.org

Ingin bagi Waktu Antara Pekerjaan Tetap dan Usaha Sampingan untuk UMKM, Ini 5 Tips dari Tokopedia

 Ilustrasi pegiat usaha lokal di Tokopedia yang sedang membagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan.
Ilustrasi pegiat usaha lokal di Tokopedia yang sedang membagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan. /Tokopedia


PIKIRAN RAKYAT
- Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia saat ini menjadi rumah bagi sekitar sekira 12 juta penjual, di mana hampir 100 persen merupakan UMKM lokal.

UMKM lokal ini terdiri dari berbagai latar belakang, termasuk para pegiat usaha yang sekaligus menjalankan pekerjaan tetap.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, pun membagikan lima tips agar UMKM bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif:

1. Alokasi Waktu dengan Tepat

Membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

"Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli," kata Ekhel.

2. Aktifkan Fitur Smart Reply

Fitur ini dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis. Penjual bisa menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.

“Fitur Smart Reply ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.

Baca Juga: Polisi Cekal Nindy Ayunda Agar Tidak Bepergian ke Luar Negeri, Dipanggil Polisi Kembali?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat