kievskiy.org

Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru dari Sumatera hingga Papua

Ilustrasi minyak mentah.
Ilustrasi minyak mentah. /Pexels/Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Pertamina merupakan perusahaan hulu paling aktif dalam mencari cadangan minyak dan gas bumi. Upaya ini sebagai wujud nyata komitmen menjaga ketahanan energi nasional melalui berbagai metode teknologi eksplorasi terbaru.

Dalam mengeksplorasi migas, PHE berpegang pada tiga strategi inisiatif.

Adapun tiga strategi tersebut yakni pengelolaan aset WK eksisting, di mana kontribusi eksplorasi sangat dibutuhkan untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi migas eksisting. Kemudian strategi New Ventures, dalam strategi ini Subholding Upstream Pertamina mencari potensi eksplorasi yang baru.

Muadz Abdurrahman Rifqi seorang Geoscientist Overseas Asset Exploration PHE menyebut strategi terakhir sangat penting.

Baca Juga: Sulanjana Calling! Ribuan Viking Kembali Geruduk Graha Persib Rabu Besok, Ini yang Mereka Tuntut

“Dan yang terakhir strategi partnership untuk sharing risk and cost serta technology knowledge transfer melalui akselerasi proses Kerjasama dan joint bidding domestic serta luar negeri,” kata Rifqi, dikutip dari Antara.

Rifqi menyampaikan hingga September 2022, PHE telah melakukan eksplorasi dan telah menemukan cadangan migas baru.

Cadangan migas baru ini berasal dari selapan sumur dari Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga ujung Papua. Dengan realisasi pengeboran yang sudah ada hingga sekarang, PHE telah mencetak success ratio mencapai 68 persen.

“Ini angka realisasi success ratio yang tinggi di industri hulu migas,” kata Rifqi saat di booth PHE di ajang 46th IPA Exhibition dan Convention di Jakarta Convention Center.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat