kievskiy.org

Dorong Kemajuan dan Inovasi, PT Pupuk Kaltim Sukses Gandeng Masyarakat Raih Kesuksesan

Sejumlah nelayan yang bersinergi dengan PT Pupuk Kaltim.
Sejumlah nelayan yang bersinergi dengan PT Pupuk Kaltim. /Dok. PT Pupuk Kaltim

PIKIRAN RAKYAT - Perusahaan dan masyarakat sekitar merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Dalam upaya mendapat dukungan masyarakat sekitar, PT Pupuk Kaltim menjalankan program Create Shared Value (CSV), salah satunya dengan mendorong kemajuan dan inovasi nelayan di Bontang, Kalimantan Timur.

Program tersebut dilakukan guna menjadi salah satu solusi menyelaraskan dan memobilisasi tujuan masyarakat, pemerintah, dan perusahaan dalam mengatasi masalah yang ada.

Terdapat enam program yang dilakukan PT Pupuk Kaltim:

Baca Juga: Akses ke Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Macet, Bantuan Tersendat

1. Budidaya Tanaman Obat Keluarga (Budiman OKE) yang fokus pada usaha budidaya TOGA dan produk turunan dari hulu ke hilir dengan
dibentuknya CV Makrifah Herbal.

2. Konservasi dan Diversifikasi Mangrove serta Budidaya Kepiting (Mang Budi) yang berkontribusi pada dampak lingkungan, mendukung zero carbon dari penyerapan CO2 di kawasan mangrove.

3. Inovasi Kitosan dari Limbah Cangkang Rajungan (INTAN KARANG) dengan output olahan growth promotor kitosan cair dan digunakan sebagai pupuk organik.

4. Konservasi Laut melalui Media Terumbu Buatan (KIMASEA) dan berfokus kegiatan di perairan Tobok Batang, Bontang, dilatarbelakangi oleh kondisi rusaknya ekosistem bawah laut akibat penangkapan ikan dengan cara pengeboman.

Baca Juga: Akses ke Desa Cibodas Lembang Terputus Akibat Longsor di Jalan Cibodas-Bukit Tunggul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat