kievskiy.org

Minyak Goreng Mulai Langka, Pedagang Ungkap Komoditas Lain yang Harganya Naik Jelang Puasa

Ilustrasi. Minyak goreng yang mulai langka di pasaran.
Ilustrasi. Minyak goreng yang mulai langka di pasaran. /Antara/Muhammad Adimaja

PIKIRAN RAKYAT - Hampir di semua grosir, toko eceran hingga pasar modern minyak goreng bersubsidi merek Minyakita tidak tersedia sudah lebih dari sebulan karena tidak ada satupun distributor yang memasok minyak goreng jenis tersebut tanpa alasan yang jelas.

Akan tetapi, minyak goreng jenis lain masih melimpah dan mudah diperoleh dengan harga yang lebih mahal walaupun ada yang masuk kategori minyak murah. Perbedaan harganya mencapai Rp1.500 hingga Rp3.000 per liternya.

Sejumlah pemilik toko grosir menduga kelangkaan minyak murah ini disebabkan menjelang bulan puasa, karena setiap menjelang puasa selalu ada komoditas barang yang sulit diperoleh atau harganya tiba-tiba mengalami kenaikan.

“Puasa kan sebentar lagi. jadi bisa saja inipun dipengaruhi oleh itu. Setiap jelang puasa ada beberapa komoditas yang langka, sulit diperoleh, akhirnya harga naik. Sekarang yang langka Minyakita, beras juga harganya mahal mencapai Rp13.000 per kilogram,” kata Adam pemilik toko grosir di Pasar Balong.

Baca Juga: Aturan Baru Dirancang, Ujian Bikin SIM Baru Bisa Dilakukan Berkali-kali di Hari yang Sama

Sebetulnya menurut Adam, minyak goreng jenis tersebut cukup diburu konsumen karena harganya murah. Kebanyakan konsumen memilih barang murah seperti Minyakita, Fitri atau Hemart yang dipasok dari distributor.

“Setiap bulan mendapat pasokan Minyakita sebanyak 150 karton setiap karton isi 12, itu bisa habis dalam kurun waktu kurang dari 15 hari, jadi omset minyak banyak,” katanya.

Minyak goreng jenis apapun laku apalagi minyak murah, sekarang karena Minyakita langka maka konsumen beralih ke Fitri atau MJ Jaya yang harganya lebih mahal Rp1.500.

Ada pula yang beralih Hemart atau Sofia dengan harga Rp17.500 per liter serta minyak curah dengan harga yang lebih murah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat