kievskiy.org

Mengenal Apa Itu Biogas, Manfaat, dan Kekurangannya Sebagai Bahan Bakar Alternatif Ramah Lingkungan

Ilustrasi Biogas. Mengenal penggunaan biogas, manfaat, dan kekurangannya sebagai bahan bakar alternatif.
Ilustrasi Biogas. Mengenal penggunaan biogas, manfaat, dan kekurangannya sebagai bahan bakar alternatif. /Freepik

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah mengesahkan dan melegalkan biogas sebagai bahan bakar lain di Indonesia mulai 9 Maret 2023. Biogas disebut bisa menjadi pengganti bahan bakar fosil yang umumnya digunakan masyarakat, seperti LPG dan solar.

Pemerintah menyatakan akan membuka opsi untuk pengusahaan biogas, sehingga nantinya masyarakat atau konsumen bisa mendapat layanan bahan bakar lain selain yang selama ini digunakan. Selain itu, dengan pengesahan dan pelegalan tersebut, biogas boleh diperjualbelikan di seluruh Indonesia.

“Misalkan yang sekarang menggunakan LPG, bisa diganti dengan ini (biogas). Atau kendaraan yang selama ini menggunakan solar bisa memanfaatkan ini (biogas) secara sah dan legal.” Kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, dalam Launching Perizinan Biogas, Kamis, 9 Maret 2023.

Lantas, apa itu biogas yang digadang-gadang bisa menjadi bahan bakar pengganti LPG?

Baca Juga: BBM Baru Bernama CNG: Harga Rp3.100 Per Liter, Kualitas Setara Pertamax Turbo

Apa itu biogas?

Disarikan dari laman Pertagas Pertamina dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, biogas adalah gas alami yang dihasilkan dari pemecahan bahan organik oleh bakteri anaerob dan digunakan dalam produksi energi. Simplenya, biogas adalah energi yang dihasilkan dari limbah organik seperti kotoran ternak, atau limbah dapur seperti sayuran yang sudah digunakan melalui proses anaerobik.

Adapun proses anaerobik ini dilakukan dengan cara menguraikan limbah-limbah tersebut di ruang kedap udara. Biogas utamanya terdiri dari gas metana, karbon dioksida, dan sejumlah kecil nitrogen, hidrogen, serta karbon monoksida.

Kandungan-kandungan tersebut dapat dibakar atau dioksidasi dan melepas energi, dan energi tersebutlah yang dapat dimanfaatkan manusia untuk kebutuhan sehari-hari.

Manfaat biogas

Biogas dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Umumnya, biogas yang sudah dikompresi dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan (solar), generator listrik, dan gas alam atau LPG.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat