kievskiy.org

Pelaku Industri Kreatif Sering Terkendala Masalah Permodalan

KETUA Kadin Jabar Tubagus Raditya (Kanan) bersama CEO Finnix Reinhart Hermanus pada Senin 22 Mei 2023
KETUA Kadin Jabar Tubagus Raditya (Kanan) bersama CEO Finnix Reinhart Hermanus pada Senin 22 Mei 2023 /Istimewa

PIKIRAN RAKYAT - Para pelaku industri kreatif seringkali terkendala akses permodalan awal ketika ingin membuat acara-acara besar. Padahal sektor Industri kreatif bisa menjadi penopang pertumbuhan ekonomi pasca pandemi. 

 

Menurut Ketua Kadin Jabar, Tubagus Raditya menyatakan dari sisi sumber daya manusia (SDM), pelaku di sektor industri kreatif ini sangat banyak dan potensial. Kuncinya, dibutuhkan dorongan pinjaman dari perbankan.

“Mereka bisa mendapatkan project dan sponsor dari pemerintah atau swasta. Tapi, biasanya ada keterbatasan modal dasar untuk memulai project. Karena biasanya kan pemerintah membayarnya setelah project selesai,” kata dia di Hotel Malaka, di Jalan Patuha, Kota Bandung, Senin 22 Mei 2023.

Jadi, kata Raditya ketika ada sebuah terobosan membuat acara seperti konser, tidak terealisasi karena kendala modal awal. Banyak yang minta untuk difasilitasi.

Berawal dari permasalahan tersebut, ia menyambut baik fintech bernama Finnix yang fokus sebagai fasilitator membantu pelaku industry kreatif mendapat akses modal dari lembaga keuangan. Ia berharap perbankan pun bisa memberikan keleluasaan permodalan berbasis value (nilai), tidak hanya penjaminan.

"Kita berharap anak muda mengoptimalisasi kreativitasnya, ada Finnix yang sudah bisa menjembatani," ucapnya

Sementara itu, CEO Finnix, Reinhart Hermanus mengatakan pihaknya sudah terlibat membantu menggarap sejumlah project, seperti konser di beberapa daerah. Di antaranya, Sabiphoria Festival (Jakarta), Now Playing Festival (Bandung) hingga Tour Dewa 19 (Pontianak).

Perusahaan yang berdiri pada September 2022 ini mengatakan bentuk layanan yang diberikan adalah menyiapkan dokumen keuangan, hingga arus kas yang bisa diterima oleh lembaga keuangan untuk mendapatkan anggara untuk menggarap project.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat