kievskiy.org

Harita Nickel Sambangi ITB, Beri Gambaran Nyata Industri Tambang

Kuliah umum bertajuk Tantangan Penambangan Nikel dan Keberlanjutan Lingkungan: Belajar dari Pulau Obi yang digelar di Gedung Kuliah Umum Timur ITB, Bandung, Jumat, 10 November 2023.
Kuliah umum bertajuk Tantangan Penambangan Nikel dan Keberlanjutan Lingkungan: Belajar dari Pulau Obi yang digelar di Gedung Kuliah Umum Timur ITB, Bandung, Jumat, 10 November 2023. /DOK. ITB

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 300 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) antusias mengikuti kuliah umum bertajuk “Tantangan Penambangan Nikel dan Keberlanjutan Lingkungan: Belajar dari Pulau Obi” yang digelar di Gedung Kuliah Umum Timur ITB, Bandung, Jumat, 10 November 2023. 

Dalam kesempatan ini Direktur Health Safety and Environment (HSE) Harita Nickel, Tonny Gultom, berbagi pengetahuan gambaran tentang dunia kerja sebenarnya di bidang pertambangan. 

“Tujuan kami ke kampus ini untuk sharing pengetahuan sebagai praktisi, kalau ilmu adanya di kampus, kami ingin menunjukkan bahwa apa yang didapatkan di kampus itu diterapkan di industri, sehingga membuat semangat mahasiswa untuk bisa melihat masa depannya seperti apa sih mereka setelah lulus kuliah.

Dalam kuliah umum ini, mahasiswa diberikan pemahaman tentang industri nikel, termasuk proses produksinya, penggunaan utamanya dalam berbagai aplikasi, serta dampak ekonomi dan lingkungan yang terkait. 

Dok. ITB
Dok. ITB

Mahasiswa juga memperoleh pemahaman tentang dimensi global dari industri nikel, termasuk perdagangan internasional, kebijakan energi, dan hubungan internasional. 

Terungkap, Indonesia adalah negara produsen nikel terbesar di dunia dengan total produksi diperkirakan mencapai 1,6 juta metrik ton atau menyumbang 48,48% dari total produksi nikel global. 

“Dengan potensi sebesar itu, Indonesia menjadi negara strategis di dunia sejalan dengan permintaan global akan nikel terus tumbuh, terutama untuk keperluan industri seperti kendaraan listrik dan energi terbarukan,” kata Tonny.

Seperti diketahui, nikel memiliki peran penting untuk menunjang banyak hal dan telah mengubah peradaban dunia. Nikel lekat dengan kehidupan sehari-hari sebagai campuran stainless steel untuk peralatan rumah tangga, campuran besi baja untuk bahan konstruksi bangunan dan rel kereta api, hingga digunakan dalam baterai dan teknologi energi terbarukan lainnya, yang membuat potensi pasar nikel semakin menarik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat