kievskiy.org

Kalahkan Wakil 4 Negara, Startup Atmos FC-19 Wakili Indonesia Memenangi Hack4Resilience

 Big data, sebagai wadah penghimpun informasi, yang ditawarkan dalam inovasi-inovasi para peserta Hack4Resilience dapat sangat terpakai untuk urusan ketahanan pangan.
Big data, sebagai wadah penghimpun informasi, yang ditawarkan dalam inovasi-inovasi para peserta Hack4Resilience dapat sangat terpakai untuk urusan ketahanan pangan. /Dok.Atmos FC-19

PIKIRAN RAKYAT - Startup asal Indonesia, Atmos FC-19, memenangi Hack4Resilience yang digelar sejak 16 Juni 2020. Atmos FC-19 mengalahkan wakil dari Belanda, India, dan Thailand yang ikut serta dalam perlombaan inovasi bisnis tersebut.

Hack4Resilience digelar Founders Talent (FoTa), organisasi pendukung gerakan inovasi berkelanjutan. Agenda ini diikuti para peserta sedikitnya dari empat negara, yakni Indonesia, Thailand, India, dan Belanda.

Direktur Founders Talent, Ida Hindarsah, mengatakan, Hack4Resilience digelar untuk membangun sejumlah aplikasi big data yang nantinya dapat berkontribusi menangani krisis akibat pandemi Covid-19. Prototipe yang diperlombakan akan dimasukkan ke dalam Covid-19 Observatory.

Baca Juga: Link Streaming Video Detik-detik Diplomat Indonesia 'Pukul Telak' Vanuatu di Sidang PBB

"Nantinya akan segera ditindaklanjuti kepada pejabat publik dengan data di dunia nyata," katanya dalam diskusi daring "Pitching & Awarding Hack4Rilience", Minggu, 27 September 2020.

Pihaknya telah menyiapkan kerangka kerja dukungan di setiap wilayah yang berpartisipasi yang terdiri dari komunitas mitra di tingkat global. 

Mereka diantaranya adalah TomTom, Facebook, T-Hubs Hyderabad, STEAM Platform, Thailand dan Singapura Swiss Technical University Future Resilient Cities Center (ETH), Founders Talent Bandung, dan Global Resilient Cities Network.

Baca Juga: Tentang Orang Ketiga, Nadiya Rawil Rilis 'Satu di Antara Berjuta'

"Di Belanda, kami telah bermitra dengan Pusat Inovasi Data dan kota-kota tangguh Rotterdam dan Den Haag," tambahnya.

Lebih jelasnya, kata Ida, inovasi yang diperlombakan dalam Hack4Resilience, merupakan inovasi yang dibuat berdasarkan kebutuhan pejabat publik, atau fenomena masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sehingga perlu dicarikan solusinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat