kievskiy.org

Ini Perbedaan Bitcoin, Ethereum, Altcoin, dan Jenis Cryptocurrency Lainnya

Ilustrasi kripto
Ilustrasi kripto /Pixabay/WorldSpectrum

PIKIRAN RAKYAT - Kripto atau cryptocurrency merupakan bentuk mata uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol penciptaan unit baru.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang dikeluarkan dan diatur oleh pemerintah atau bank sentral, kripto biasanya didasarkan pada teknologi blockchain yang terdesentralisasi.

Bitcoin, Ethereum, dan lainnya merupakan beberapa jenis cryptocurrency yang berbeda-beda. Berikut adalah perbedaan utama antara jenis kripto, seperti yang sudah Pikiran-Rakyat.com rangkum untuk Anda.

Macam-macam Kripto

1. Bitcoin (BTC):

  • Lahir: Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama yang diciptakan, dan diluncurkan pada 2009 oleh seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

  • Tujuan utama: Bitcoin diciptakan sebagai mata uang digital peer-to-peer yang terdesentralisasi, yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan sistem keuangan tradisional, seperti ketergantungan pada otoritas pusat dan biaya transaksi yang tinggi.

  • Fungsi utama: Bitcoin sering kali digunakan sebagai bentuk investasi, alat pembayaran, dan cadangan nilai. Transaksi Bitcoin direkam di blockchain Bitcoin.

2. Ethereum (ETH):

  • Lahir: Ethereum diluncurkan pada 2015 oleh Vitalik Buterin. Ethereum tidak hanya berfungsi sebagai mata uang digital, tetapi juga sebagai platform untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan kontrak pintar (smart contracts).

  • Tujuan utama: Ethereum bertujuan untuk menyediakan infrastruktur yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar tanpa memerlukan pihak ketiga atau otoritas sentral.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat