kievskiy.org

Jika Donald Trump Kalah di Pilpres AS, Indef: Kemenangan Joe Biden akan Untungkan Ekonomi Indonesia

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira
Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira /Instagram/@bhimayudhistira

PIKIRAN RAKYAT – Pemenang pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), diprediksi akan berdampak sangat signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Hal itu disampaikan Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira di Jakarta, Kamis, 5 November 2020.

“Dampak pemilu di AS cukup besar bagi prospek perdagangan Indonesia ke depannya,” ujarnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Baca Juga: Status Gunung Merapi Jadi Siaga, BPPTKG Minta Masyarakat Waspada dan Hentikan Kegiatan Pendakian

Apabila kandidat dari Partai Demokrat Joe Biden yang memenangkan pemilu, Bhima Yudhistira memperkirakan eskalasi perang dagang antara AS dengan Tiongkok akan menurun.

Menurutnya, Joe Biden akan memilih cara-cara yang lebih kompromis dalam menghadapi Tiongkok.

Hal itu adalah karena Joe Biden lebih berpengalaman dalam menjalin hubungan multilateral yang produktif, pada era pemerintahan presiden Barack Obama.

Baca Juga: Resmi Menikah, Tata Janeeta Akhirnya Pamer Foto Brotoseno Sebagai Suami Baru

“Situasi ini akan menguntungkan pemulihan ekspor Indonesia, baik ke AS maupun sebagai pemasok bahan baku ke Tiongkok,” tutur Bhima Yudhistira.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat