kievskiy.org

Pertumbuhan Ekonomi Tunjukan Tren Positif, Airlangga Hartarto Ungkap Rinciannya di Sisi Sektoral

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto,
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, /Instagram/@airlanggahartarto_official

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membagikan informasi ihwal pertumbuhan ekonomi Tanah Air yang dinilai telah menunjukkan tren positif.

Tren tersebut dikatakannya sebagai pertanda bahwa ekonomi Tanah Air yang terkontraksi akibat tekanan pandemi Covid-19 mulai pulih.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut menyampaikan bahwa Indonesia telah melewati titik terendah, hal tersebut disampaikannya pada Kamis, 5 November 2020, di Kantor Presiden, Jakarta.

Baca Juga: Segera Keluar, SIES Kabarkan Tanggal Perilisan Game Spider-Man: Miles Morales

“Kita sudah melewati rock bottom (titik terendah, red) di Kuartal II kemarin, minus 5,32 (persen, red), dan di Kuartal III ini kita sudah mencapai tren positif di minus 3,49 (persen, red). Kita berharap nanti di Kuartal IV trennya positif, minus 1,6 (persen, red) atau 0,6 (persen, red),” kata Airlangga Hartarto, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Setkab RI.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik (BPS), dikatakannya bahwa perbaikan ekonomi di Tanah Air didorong oleh perbaikan yang terjadi di sisi permintaan, dilaporkan bahwa konsumsi rumah tangga sebagai kontributor utama mengalami perbaikan.

Selain itu, disampaikannya bahwa secara kuartalan indikator lain yang juga tumbuh positif yaitu konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT), konsumsi pemerintah, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), dan ekspor.

Baca Juga: Yusuf Yazici Rusak Ambisi Milan Berburu Selusin Kemenangan Plus Rekor 28 Laga tak Terkalahkan Jebol

“Yang impor masih sedikit negatif, minus 0,08 persen,” tutur Airlangga Hartarto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat