kievskiy.org

Berapa Banyak Orang Gemuk di Dunia?

HASIL penelitian terbaru yang disiarkan pada Senin 12 Juni 2012 menunjukkan bahwa jumlah penduduk bumi mengalami obesitas atau kegemukan terus bertambah.

Studi itu memperlihatkan prevalensi kegemukan telah berlipat ganda sejak tahun 1980 di lebih dari 70 negara dan terus meningkat di sebagian besar negara lain. 

Penelitian tersebut menyimpulkan, jumlah penduduk yang megalami obesitas mencapai sepertiga populasi global. Dengan total populasi dunia yang mencapai 6,5 miliar orang saat ini, artinya, dua miliar lebih anak-anak dan orang dewasa di dunia mengalami kelebihan berat badan.

Para peneliti mengumpulkan data dari 195 negara dan wilayah untuk memperkirakan kecenderungan dalam kasus kelebihan berat atau kegemukan dan berkaitan dengan masalah kesehatan serta kematian.

Dari empat juta kematian yang disebabkan kelebihan berat pada 2015, hampir 40 kematian terjadi di kalangan orang yang indeks massa tubuhnya jatuh di bawah ambang yang dianggap "kegemukan".

Temuan itu dianggap sebagai "krisis kesehatan masyarakat global yang meningkat dan mengganggu," kata para eneliti yang menerbitkan hasil studinya di The New England Journal of Madicine seperti dilaporkan Xinhua.

Hasil studi itu dilandasi data dari studi Global Burden of Disease baru-baru ini. upaya ilmiah yang sistematis itu dilakukan untuk mengukur luasnya kerugian kesehatan akibat semua penyakit besar, cedera, dan faktor risiko berdasarkan usia, jenis kelamin, dan populasi.

Studi itu mendapati, kelebihan berat mempengaruhi 2,2 miliar anak dan orang dewasa di seluruh dunia pada 2015, termasuk hampir 108 juta anak dan lebih dari 600 juta orang dewasa dengan indeks massa tubuh melebihi 30, ambang batas untuk kegemukan.

Amerika Serikat paling gemuk

Walau prevalensi kegemukan di kalangan anak-anak lebih rendah dibandingkan dengan di kalangan orang dewasa, kenaikan angka kegemukan pada anak-anak tersebut, di banyak negara, lebih banyak dibandingkan angka kenaikan pada orang dewasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat