kievskiy.org

Raja Salman Sebut Misil Houthi Pernah Sasar Mekah

FOTO yang dirilis sumber militer memperlihatkan peluncuran misil yang diarahkan ke Arab Saudi pada 25 Maret 2018.*
FOTO yang dirilis sumber militer memperlihatkan peluncuran misil yang diarahkan ke Arab Saudi pada 25 Maret 2018.*

RIYADH, (PR).- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengatakan, milisi Houthi di Yaman yang didukung Iran merupakan ancaman nyata. Tiga dari 119 misil yang telah ditembakkannya bahkan diarahkan ke Mekah.

"Realitas itu kembali menunjukkan kepada dunia bahaya perilaku Iran di kawasan, pelanggaran atas prinsip-prinsip hukum internasional dan pengabaian atas nilai-nilai, etika, dan bertetangga baik," kata Raja Salman dalam pidatonya selaku Ketua KTT ke-29 Liga Arab yang berlangsung di Dahran, Minggu 16 April 2018.

Pemimpin Arab Saudi yang menyandang gelar pelayan dua tempat suci umat Islam dunia itu menyambut baik pernyataan PBB yang mengutuk keras serangan misil milisi Houthi ke sejumlah kota di Arab Saudi tersebut.

Arab Saudi, kata Raja Salman, meyakini milisi Houthi bertanggung jawab penuh atas munculnya dan berlanjutnya krisis Yaman dan penderitaan kemanusiaan di negeri itu.

"Kami mengutuk upaya-upaya permusuhan Iran yang dimaksudkan untuk menggoyang stabilitas keamanan dan menyebarkan hasutan bermuatan SARA yang berpotensi mengancam keamanan nasional dan pelanggaran atas prinsip-prinsip hukum internasional," katanya.

Raja Salman menegaskan komitmen Arab Saudi terhadap kesatuan, kedaulatan, kemerdekaan, keamanan dan keutuhan wilayah Yaman.

"Kami juga mendukung semua upaya yang dimaksudkan untuk mencapai solusi politik atas krisis Yaman berdasarkan inisiatif Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) dan mekanisme eksekutifnya, hasil Konferensi Dialog Nasional Menyeluruh Yaman dan Resolusi Dewan Keamanan PBB No.2216," katanya.

Untuk membantu rakyat Yaman, Arab Saudi menyerukan kepada masyarakat internasional agar berupaya menyiapkan semua sarana yang diperlukan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke berbagai wilayah Yaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat