kievskiy.org

49.850 Jemaah Haji Indonesia Sudah Ada di Madinah

Jemaah haji Indonesia saat akan beristirahat sejenak di paviliun Bandara AMMA Madinah.* -
Jemaah haji Indonesia saat akan beristirahat sejenak di paviliun Bandara AMMA Madinah.* - Eri Mulyani/MCH 2024


PIKIRAN RAKYAT - Memasuki hari kedelapan kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama ke Madinah, tercatat sudah 126 kelompok terbang (kloter) dengan total 49.850 jemaah yang tiba di Tanah Suci. Gelombang kedatangan akan terus berlanjut hingga nanti berakhir pada 24 Mei 2024.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ali Machzumi memastikan jemaah haji Indonesia akan tetap disambut meriah meski telah masuk pertengahan kedatangan gelombang pertama ke Madinah. 

"Ini merupakan sambutan yang luar biasa dari pihak hotel ke jemaah haji kita. Insyaallah, semoga jemaah haji kita terus disambut seperti ini, Insyaallah," ujar Ali di Madinah, Minggu, 19 Mei 2024.

Menurut Ali, jemaah tampak bahagia saat tiba di Madinah. Penyambutan dilakukan meriah lewat lantunan Salawat Badar, makanan dan minuman selamat datang, hingga pemberian bunga dari pihak hotel. Ia berharap dengan adanya penyambutan ini sedikitnya dapat mengurangi rasa lelah jemaah, setelah mereka  menempuh perjalanan panjang dari Indonesia ke Madinah sekitar 10 jam lamanya. 

"Harapannya, lelahnya (jemaah) bisa hilang dan bisa bahagia, senang selama berada di Madinah ini. Insyaallah seperti itu," ucapnya.

Sementara itu pada 20 Mei 2024, jemaah yang tiba lebih awal di Madinah, akan mulai digeser ke Mekah untuk persiapan puncak haji. Delapan kloter jemaah haji pun akan mengawali pemberangkatan pertama dari Madinah ke Mekah.

"Insyaallah, rencananya tanggal 20 Mei mulai kita berangkatkan jemaah haji kita menuju ke Mekah. Insyaallah sekitar delapan kloter yang akan kita berangkatkan dari Madinah ini ke Kota Mekah," ujar Ali.

Rencananya jemaah akan diberangkatkan bertahap mulai pukul 6.00 Waktu Arab Saudi (WAS) hingga setelah salat Ashar.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat