kievskiy.org

40.000 Muslim Palestina Sholat Idul Adha di Masjid Al Aqsa, Israel Sempat Halangi Pergerakan Warga

Pasukan Israel berpatroli di area Masjid Al Aqsa beberapa waktu lalu.
Pasukan Israel berpatroli di area Masjid Al Aqsa beberapa waktu lalu. /Reuters/Ammar Awad

PIKIRAN RAKYAT - Pasukan Israel penjajah menyerang umat muslim yang hendak menuju Masjid Al Aqsa, Yerusalem untuk melaksanakan sholat Idul Adha pada Minggu,16 Juni 2024. Mereka mencegah umat muslim agar tidak masuk dan beribadah di Masjid Al Aqsa.

Menurut Departemen Wakaf Islam, ada 40.000 umat muslim Palestina yang berhasil masuk ke Masjid Al Aqsa untuk melaksanakan sholat Idul Adha. Jumlahnya lebih sedikit dibanding tahun lalu, yang diperkirakan mencapai 100.000 umat muslim.

Meski sholat Idul Adha berjalan sebagaimana mestinya, tapi tak ada suasana perayaan hari raya dalam masjid tersebut.

“Pada dini hari, pasukan pendudukan memasuki halaman Masjid Al Aqsa, memeriksa identitas jemaah, menghalangi pergerakan mereka, dan mencegah banyak pemuda masuk sehingga memaksa mereka untuk sholat di luar pintu masjid,” kata laporan tersebut, dikutip dari Antara pada Senin, 17 Juni 2024.

Pembatasan di Masjid Ibrahimi

Israel penjajah juga melakukan pembatasan di Masjid Ibrahimi di Hebron, bagian selatan Tepi Barat. Namun, ada ribuan warga Palestina yang masih bisa masuk ke wilayah masjid untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Departemen Wakaf Hebron, Ghassan Al-Rajabi.

“Langkah-langkah yang diambil oleh pendudukan pada Idul Adha bertujuan untuk mencegah akses warga Palestina ke tempat-tempat suci, khususnya Masjid Ibrahimi,” ujarnya.

"Meskipun ada pembatasan, sekitar 8.000 hingga 10.000 warga Palestina melaksanakan salat Idul Adha di masjid itu,” ucapnya melanjutkan.

Para jemaah harus melewati pos pemeriksaan militer, dan gerbang elektronik terlebih dahulu sebelum bisa memasuki Masjid Ibrahimi.

Waga Gaza Sholat di Masjid yang Hancur

Warga Gaza harus melaksanakan sholat Idul Adha di sekitar masjid yang hancur, di tengah puing-puing rumah yang runtuh. Momen tersebut tampak dari wilayah Khan Younis di selatan jalur Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat