kievskiy.org

PPDB Jabar 2024, Calon Peserta Didik Luar Provinsi Boleh Daftar?

Pelaksanaan PPDB Jabar 2024.
Pelaksanaan PPDB Jabar 2024. /Disdik Jabar

PIKIRAN RAKYAT – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat 2024 tidak hanya diperuntukkan bagi siswa yang berdomisili di Jabar, tetapi juga calon peserta didik luar provinsi. Bagaimana prosedur pendaftarannya?

Pertama, orangtua dan calon peserta didik harus berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah atau sekolah tujuan untuk memverifikasi dokumen persyaratan. Di sekolah tujuan, calon peserta didik bisa meminta bantuan operator untuk dibuatkan akun dan login ke website PPDB.

Setelah itu, gunakan akun yang telah diberikan untuk mengakses laman cadisdik di website ppdb.jabarprov.go.id. Isi data diri calon peserta didik dari SMP/MTs atau sederajat sesuai dengan persyaratan PPDB tahun 2024.

Setelah itu, isi data akademik calon peserta didik pendaftar, termasuk nilai tiap mata pelajaran setiap semester selama 5 semester. Terakhir, scan rapor semester 1 sampai 5 dan unggah ke website PPDB.

Dokumen Persyaratan

  1. Ijazah SMP/sederajat untuk calon peserta didik baru SMA dan ijazah SD/sederajat untuk peserta didik SMP, atau surat keterangan berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/SMA, ijazah program Paket B/C, atau ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat.
  2. Akta kelahiran atau Kartu Identitas Anak, dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, dan belum menikah
  3. Calon peserta didik baru penyandang disabilitas dikecualikan dari ketentuan persyaratan batas usia dan ijazah, atau dokumen lain yang menyatakan kelulusan, kecuali bagi yang akan melanjutkan ke SMPLB atau SMALB, menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB.
  4. KTP orangtua peserta didik.
  5. KK yang menerangkan domisili calon peserta didik.
  6. Dokumen Surat Tanggung Jawab Mutlak atau Pakta Integritas orangtua yang menyatakan data calon peserta didik asli, dan bersedia dikenakan sanksi jika terbukti melakukan pemalsuan, dibubuhi materai dan ditandatangani orangtua.

Hasil Seleksi Tahap 1 Diumumkan Kapan?

Pendaftaran PPDB Jabar 2024 Tahap 1 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB sudah ditutup. Lalu, kapan hasil seleksi PPDB tahap 1 diumumkan?

Disdik Jabar menyebut hasil seleksi PPDB 2024 diumumkan pada 19 Juni mendatang. Berikut timeline lengkapnya:

  • 10-12 Juni 2024
    Pemetaan dan penyaluran Afirmasi KETM Non-Ekstrem

  • 13-14 Juni 2024
    Rapat Koordinasi Penyaluran KETM Non-Ekstrem
    Rapat Dewan Guru Penetapan Hasil Seleksi PPDB Tahap I
    Koordinasi Satuan Pendidikan dengan Cabang Dinas

  • 19 Juni 2024
    Pengumuman Hasil PPDB Tahap 1

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat