kievskiy.org

20.000 Lebih Korban Jiwa Gempa Turki-Suriah, Jadi yang Paling Mematikan Lampaui Gempa 1999

Situasi evakuasi di Turki.
Situasi evakuasi di Turki. /IDF via Times of Israel

PIKIRAN RAKYAT – Gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah tiga hari lalu kini telah menewaskan lebih dari 20.000 jiwa. 17.406 diantaranya adalah warga Turki, sementara 3.300 orang sisanya berasal dari Suriah.

Dengan jumlah korban tewas di kedua negara yang dihimpun per 9 Februari 2023 itu, kematian usai gempa kali ini telah melampaui kasus gempa dengan magnitudo sama kuatnya di Turki barat laut, pada tahun 1999 silam. Korban saat itu mencapai 17.000 orang lebih.

Selain mayat bergelimpangan, gempa berkekuatan magnitudo 7,8 pada 6 Februari 2023 itu juga meninggalkan kedinginan, kelaparan, dan keputusasaan mencengkeram ratusan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal.

Reruntuhan Hatay, Turki disesaki banyak tim penyelamat, namun harapan kian hari kian memudar. Tim semakin pesimis banyak korban yang akan ditemukan hidup-hidup di bawahnya.

Baca Juga: BPOD Jawa Barat Berkurang Drastis, Nasib Guru Honorer Pilu

Keterlambatan pengiriman bantuan dan upaya penyelamatan memicu kemarahan yang membera dari Erdogan. Gempa ini bahkan dinilai sebagai tantangan terberat bagi Presiden Tayyip Erdogan selama dua dekade berkuasa.

Seorang pejabat Turki membenarkan, gempa ini menjadi batu sandungan bagi penyelenggaraan pemilihan, yang dijadwalkan pada 14 Mei mendatang. Sebab jika pemulihan tak segera rampung, situasi ini kemungkinan besar akan mempengaruhi pemungutan suara.

Terkait dampak gempa, menurut laporan awal dari Universitas Bogazici Turki, sekitar 40 persen bangunan rusak di pusat gempa, kota Kahramanmaras Turki. Pihak berwenang lain mengatakan sekitar lebih dari 6.500 bangunan di Turki runtuh.

Ratusan ribu orang di kedua negara kehilangan tempat tinggal di tengah musim dingin yang menikam. Banyak korban yang berkemah di tempat penampungan darurat di tempat parkir supermarket, masjid, pinggir jalan atau di tengah reruntuhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat