kievskiy.org

16.990 ASN, TNI, dan Polri Bakal Dipindahkan ke IKN, MenPAN-RB: Oksigennya Luar Biasa

Ilustrasi Ibu Kota Nusantara (IKN).
Ilustrasi Ibu Kota Nusantara (IKN). /Instagram/@kemenpupr

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 16.990 orang yang terdiri dari ASN, Polri, dan TNI akan dipindahkan ke Kalimantan Timur untuk mengisi formasi yang dibutuhkan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemindahtugasan ASN, dan TNI/Polri dalam skenario tersebut akan dilakukan secara berangsur yang tahap awalnya dimulai 2024 mendatang.

Adapun rinciannya, dari 16.990 yang akan dipindahkan, 11.274 di antaranya merupakan ASN dari 40 kementerian dan lembaga, dan 5.716 personil berasal dari TNI/Polri.

Azwar meminta agar pihak-pihak yang masuk dalam program perpindahan ini segera bersiap karena IKN Nusantara disebut memiliki atmosfer kerja yang sangat baik.

Baca Juga: Kelas 12 MAN 1 Kota Bekasi Gagal Study Tour, EO Diduga Gelapkan Uang Daftar Rp474 Juta

"Pesan buat teman-teman ASN yang sedang dipersiapkan, menurut saya siap-siap saja. Keren sekali tempat ini dan luar biasa, akan menjadi tempat yang modern, maju," katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan banyak pihak yang ingin berkontribusi dalam menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota, terutama mereka yang berasal dari generasi muda.

"Sebenarnya justru banyak yang ingin pindah, anak-anak muda bertanya kepada saya, malah mereka yang tidak masuk dalam skenario pindah dia ingin dimasukan dalam skenario perpindahan mereka ke IKN," ucapnya.

Hal ini lantaran akan banyak keuntungan yang didapat ASN sebagaimana tertuang dalam rencana IKN, di mana akan dibangun sarana olah raga, lahan hijau, apartemen, danau, dan lain sebagainya. Juga ada dukungan untuk sekolah dan fasilitas rumah sakit yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat