kievskiy.org

1.960 Siswa Akan Diterima Via Jalur Afirmasi PPDB SMP Bandung Barat Tahap I

Ilustrasi PPDB
Ilustrasi PPDB /Antara/M Agung Rajasa Antara/M Agung Rajasa

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 1.960 peserta didik akan diterima melalui jalur afirmasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kabupaten Bandung Barat tahap I.

Pendaftaran tahap I ini akan dimulai 19 -23 Juni 2023. Tahap I ini hanya akan menerima peserta didik jalur afirmasi. Jalur afirmasi diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berada dari keluarga tidak mampu dan disabilitas.

Menurut Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan KBB, Edi Syafruddin tahap I hanya menerima calon peserta didik dari jalur afirmasi dengan kuota 20 persen. Sementara total kuota yang tersedia untuk semua jalur yakni 9.800 peserta didik. 

Total kuota tersebut dibagi empat jalur pendaftaran yaitu jalur zonasi sebanyak 50 persen, afirmasi 20 persen, jalur perpindahan tugas orangtua 5 persen, dan jalur prestasi sebesar 25 persen.

Baca Juga: Mandiri Jogja Marathon 2023 Meriah, Pelari Kenya Dominasi Podium di Kategori Marathon Open

"Tahun ini kami siapkan kuota PPDB sekitar 9.800 siswa untuk di 67 SMP Negeri. Dari semua jalur pendaftaran kuota jalur zonasi masih jadi angka paling besar yakni 50 persen," kata Edi.

Apabila kuota jalur afirmasi tidak terpenuhi, maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online dan bisa diakses melalui laman ppdb-disdik.bandungbaratkab.go.id. Sementara tahap dua akan dimulai pada 26 Juni hingga 5 Juli 2023. 

Jalur afirmasi ini terdiri dari mereka yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Pra Sejahtera (KPS), dan Program Keluarga Harapan (PKH). 

Baca Juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Disindir Petinggi Spotify, Imbas Kontrak Podcast

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat