kievskiy.org

1.321 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Cimahi, Lokasi Rawan Macet Jadi Perhatian

Sebanyak 1.321 personel tim gabungan bakal melakukan pengamanan masa mudik Lebaran 2024 di wilayah hukum Polres Cimahi.
Sebanyak 1.321 personel tim gabungan bakal melakukan pengamanan masa mudik Lebaran 2024 di wilayah hukum Polres Cimahi. /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 1.321 personel tim gabungan bakal melakukan pengamanan masa mudik Lebaran 2024 di wilayah hukum Polres Cimahi. Pelayanan diberikan untuk memastikan keamanan masyarakat dan kelancaran arus lalu lintas.

Pada Rabu, 3 April 2024, digelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya Polres Cimahi 2024 di Mapolres Cimahi Jalan Jenderal Amir Machmud Kota Cimahi. Personel yang terlibat yaitu Polres Cimahi, Kodim 0609/Cimahi dan jajaran TNI lainnya, Pemkot Cimahi, Pemkab Bandung Barat, Pramuka, hingga relawan.

"Polres Cimahi melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 dihadiri jajaran forkopimda secara lengkap. Merupakan kesiapan kami dalam mengawal masyarakat yang akan mudik melintasi wilayah Polres Cimahi maupun warga yang hendak mudik, mudah-mudahan arus lancar masyarakat aman," ujar Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono.

Pihaknya telah memetakan sejumlah lokasi rawan macet. Terutama di jalur arteri dimana banyak aktivitas masyarakat.

"Rawan macet jalur dari Cianjur Cipatat Padalarang, karena ini akses arteri di luar tol yang banyak aktivitas masyarakat. Kami sudah buat surat kepada pengusaha agar truk tidak beroperasi sejak tanggal 4 April untuk kurangi potensi macet. Termasuk pasar tumpah akan dilakukan penebalan pengamanan oleh personel. Kalau untuk delman akan diatur secara humanis agar arus lalin lancar tapi di sisi lain mereka tidak kehilangan pendapatannya," ucapnya.

Polres Cimahi turut membentuk Satgas Preemtif dan Preventif, mereka akan fokus pada pengaturan arus lalu lintas dan pengawalan. "Ada juga tim urai menggunakan motor difokuskan di daerah antrean lalin padat," tambahnya.

Diprediksi jumlah pemudik akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Didirikan 12 pos yang tersebar di wilayah Polres Cimahi untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas.

"Ada pospam standby, nanti mereka bantu warga yang mudik dari pagi sampai pagi lagi. Kegiatan mudik sekarang meriah dan pasti meningkat, puncaknya diprediksi H-3 lebaran," ujarnya menjelaskan.

Setelah Hari Raya Idul Fitri 2024, personel akan diturunkan di sejumlah objek wisata. "Akan ada penebalan pasukan sejumlah 200 orang di daerah wisata karena pasti akan ramai dikunjungi masyarakat di masa libur lebaran," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat