kievskiy.org

Fashion dan Aksesoris UMKM Unggulan Berpotensi Mendulang Devisa

Produk UMKM.
Produk UMKM. /Adv/BRI

PIKIRAN RAKYAT - Produk industri kreatif khususnya fashion dan aksesoris Indonesia yang kian kompetitif memiliki potensi pasar cerah dan menjadi unggulan untuk mendulang devisa.

Berkat kreativitas dan inovasi dari pelaku ekonomi kreatif, karya fashion dan aksesoris Indonesia saat ini memiliki kualitas yang bersaing dengan standar internasional serta memiliki keragaman ide, desain, bahan material, hingga kekhasan (local wisdom) yang diusung oleh produk itu sendiri.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai program pemberdayaan UMKM yang telah dilakukan oleh BRI untuk meningkatkan daya saing produk.

Baca Juga: Man City vs West Brom: Pep Guardiola Akui Puas karena Hal Ini

Bukti nyata kreativitas dan inovasi, serta keuletan anak-anak bangsa dalam menghadirkan karya fashion dan aksesoris ditandai dengan semakin banyaknya brand-brand fashion dan aksesoris yang muncul.

Selain memacu penetrasi di pasar domestik, tak sedikit dari mereka yang mengincar peluang ekspor ke mancanegara.

Antusiasme brand fashion dan aksesoris untuk merambah pasar ekspor di antaranya Brodo (sepatu), Exodos57 (sneaker), The Kilisuci (fashion berbahan dasar kearifan lokal), Selimut Kaki (kerajinan tangan kaos kaki), dan Otrahum (jaket).

Baca Juga: Mahfud MD: Partisipasi Pilkada Serentak 2020 Lebih Tinggi dari Pemilu di Amerika

Selain itu juga ada produk dari Pyo Jewelery, Rupadana Silver, Janedan (tas), dan Rubysh (eco-fashion).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat