kievskiy.org

Komisi VI DPR Soroti Petani Lebih Pilih Pupuk Kimia Ketimbang Pupuk Organik: Itu Jadi Problem Sendiri

Ilustrasi petani.
Ilustrasi petani. /Pikiran-Rakyat.com/Aris MF

PIKIRAN RAKYAT - Anggota Komisi VI DPR RI, Achmad Baidowi menyoroti saat ini produksi pupuk organik ternyata belum diminati secara luas oleh para petani karena pupuk kimia masih dipercaya mampu meningkatkan produksi tanaman pangan.

"Mereka (petani) merasa kalau tidak pakai pupuk kimia khawatir produksi lahannya tidak maksimal. Itu jadi problem sendiri," kata Achmad Baidowi dalam rilis di Jakarta, Minggu, 31 Januari 2021, seperti dikutip dari Antara.

Kalangan petani di berbagai daerah perlu mengubah cara pandang dengan tidak lagi bergantung kepada pupuk kimia dan lebih banyak menggunakan pupuk organik yang dinilai lebih memiliki manfaat dari beragam aspek dalam sektor pertanian.

Baca Juga: Lombok Tengah Diterjang Banjir Lumpur, BPBD: Sepinggang Orang Dewasa

Hal tersebut berdampak antara lain seperti PT. Pupuk Indonesia sendiri belum bisa memproduksi massal pupuk organik, karena penggunaannya masih rendah.

Achmad Baidowi berpendapat bahwa penggunaan pupuk organik sangat terkait dengan pola pikir para petani yang sudah terbiasa menggunakan pupuk kimia.

Menurut dia, rendahnya penggunaan pupuk organik harus jadi pembahasan tersendiri oleh semua pihak terkait.

Baca Juga: Percaya Ada Kecurangan dalam Pemilu AS, Oknum Pastor Lakukan Ritual Pengusiran Iblis di Depan Gedung Putih

Dia memaparkan, pada awal Januari 2021 ini, PT Pupuk Indonesia sudah memproduksi stok pupuk sebanyak 1.941.830 ton. Dari jumlah itu, pupuk organik diproduksi sebesar 130.728 ton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat