kievskiy.org

Kereta Cepat Berhasil Menyambung Struktur Elevated Terpanjang di Atas Jembatan Grand Wisata Bekasi

Struktur elevated yang melintang diatas akses ramp  jalan tol Jakarta - Cikampek.
Struktur elevated yang melintang diatas akses ramp jalan tol Jakarta - Cikampek. /Dok. KCIC

PIKIRAN RAKYAT – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) kembali menuntaskan salah satu pekerjaan struktur elevated, yang merupakan titik kritis pembangunan di area Bekasi, Jawa Barat.

Tepatnya di KM21+156 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Berbeda dengan yang lainnya, struktur elevated bertipe continuous beam ini merupakan konstruksi terpanjang di proyek KCJB dan memiliki kesulitan yang tinggi. 

Pasalnya rangkaian jembatan sepanjang 2,7 kilometer tersebut dikonstruksikan melintasi jembatan cable-stayed Grand Wisata yang melintang diatas akses ramp jalan tol Jakarta - Cikampek. 

 Baca Juga: bjb DiSentra: Sarana Tumbuh Kembang UMKM Juara

Baca Juga: Alih-alih Raup Simpati, Pangeran Harry dan Meghan Markle Justru Makin Dibenci usai Diwawancarai Oprah Winfrey

Adapun jarak vertikal antara bagian bawah box girder ke cable-stayed Grand Wisata hanya terpaut 4.47 meter. Untuk itu dibutuhkan ketelitian dan sinkronisasi desain yang tepat, untuk memastikan keamanan dan kualitas pekerjaan, di titik tersebut yang melibatkan sedikitnya 140 pekerja.

Corporate Secretary Mirza Soraya menerangkan, bahwa pencapaian ini merepresentasikan kualitas dan ketelitian pekerjaan dalam membangun trase proyek KCJB. 

”Tersambungnya struktur elevated ini merupakan bukti matangnya koordinasi  untuk mendapatkan sinkronisasi yang tepat sehingga pembangunan yang sulit ini dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan zero accident.” ujar Mirza dalam keterangan tertulisnya.

 Baca Juga: Cegah Gugatan Balik dari PT GTI, Komisi III DPRD Desak Pemprov NTB Tuntaskan Pemutusan Kontrak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat