kievskiy.org

5 Ciri-ciri Aplikasi Pinjaman Online Tepercaya, Begini Tandanya

ILUSTRASI transaki dengan pinjaman online.
ILUSTRASI transaki dengan pinjaman online. /DOK. Kredivo

PIKIRAN RAKYAT - Zaman sekarang, siapa sih yang tidak tahu aplikasi pinjaman online. Aplikasi yang sedang booming selama 2 tahun belakangan ini memang banyak sekali memberikan manfaat untuk masyarakat. Salah satunya memberikan pengalaman kredit bagi orang yang belum pernah mendapatkan sebelumnya.

Selain itu, pendaftarannya yang sangat mudah dan serba digital, Seakan-akan menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia dalam urusan layanan keuangan yang selama ini terkesan ribet. Anda bisa mendaftar akun aplikasi pinjaman online di rumah sambil leyeh-leyeh, tanpa harus ke cabang terdekat.

Namun, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi pinjaman online. Sebab, banyak sekali fintech bodong yang bisa merugikan para nasabah. Dilansir dari Kompas, sebanyak 3.198 fintech lending ilegal yang diblokir oleh OJK sejak 2018 hingga April 2021.

Baca Juga: Rencana Ibu Kota Negara Dibocorkan, Kemenhub Siap Bangun Bandara VVIP di Kalimantan Timur

Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih. Lebih baik kenali ciri-ciri aplikasi pinjaman online tepercaya, berikut:

1. Terdaftar di OJK

Perusahaan atau lembaga keuangan yang kredibel sudah pasti terdaftar di OJK. Peran OJK seperti regulator lembaga keuangan di Indonesia sekaligus juga pengawas. Jadi, buat lembaga keuangan online maupun offline harus tetap mendapatkan izin dari OJK jika ingin berjualan produknya. Hal ini tentu saja kembali lagi ke fungsinya untuk melindungi masyarakat dari hal yang tidak diinginkan.

2. Bunga dan biaya admin transparan

Maraknya pinjaman online ilegal membuat debitur menjadi korban. Mulai dari teror debt collector yang kelewat kurang ajar, sampai dengan modus penipuan dengan memberikan bunga mencekik. Belum lagi dengan modus biaya admin tersembunyi sehingga debitur seolah-olah tidak tahu biaya-biaya yang dibebankan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat