kievskiy.org

Kemenkeu Setuju, Indonesia Berutang Lagi Rp10 Triliun untuk Beli 2 Pesawat TNI

llustrasi pesawat tanker Boeing KC-46
llustrasi pesawat tanker Boeing KC-46 / U.S. Air Force via Reuters


PIKIRAN RAKYAT - TNI Angkatan Udara Indonesia akan mendapatkan dua pesawat tanker terbaru setelah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan persetujuan utang pinjaman luar negeri sebesar 700 juta dolar AS atau setara Rp10,1 triliun.

Hal itu terungkap dalam laman Janes.com dengan judul 'Indonesia approves USD700 million in foreign loans for aerial tanker buy' yang dirilis pada Senin, 21 Juni 2021.

Disebutkan dalam pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Kemenkeu pada 26 April mencantumkan total 31 program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang pendanaannya melalui pinjaman luar negeri telah disetujui.

Baca Juga: Atta Halilintar Tanya Soal Poligami, Aurel Hermansyah Merespons

Pemberitahuan itu dikeluarkan setelah berkonsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), daftar tersebut yang awalnya diklasifikasikan, telah diberikan kepada Janes oleh sumber pemerintah, seperti dikutip Rabu, 23 Juni 2021.

Dokumen tersebut juga menunjukkan bahwa total 56 permintaan pendanaan asing ditolak.

Janes pertama kali diberitahu oleh seorang sumber di Singapore Airshow 2018 bahwa TNI AU telah menunjuk GMF AeroAsia, anak perusahaan maskapai nasional Garuda Indonesia, untuk bantuan studi mendalam tentang kemampuan pengisian bahan bakar udara Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Tarik Utang Baru, Yan Harahap: Bukannya Coba Dilunasi, Malah Terus Ditambah

Adapun di antara hal-hal yang ditelaah dalam studi tersebut adalah life cycle cost, kemampuan lokal dalam memelihara badan pesawat, kesesuaian metode pengisian bahan bakar dengan armada pesawat TNI AU, dan interoperabilitas dengan aset TNI AU yang ada.

Sebagai bagian dari temuannya, TNI-AU dan GMF AeroAsia merekomendasikan agar tanker baru dilengkapi dengan metode pengisian bahan bakar udara probe-and-drogue dan flying boom, menurut laporan Janes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat