kievskiy.org

Selamatkan Ekonomi Keluarga, Kota Cirebon Dapat Kucuran Dana Padat Karya Lebih dari Rp 1,3 M

Warga membersihkan drainase sekitar kawasan pemukiman di Kelurahan Kejaksan Rabu 23 Juni 2021. Selama dua bulan ke depan, ratusan warga Kota Cirebon yang tak memiliki pekerjaan, bakal mendapatkan penghasilan dari program padat karya tunai bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Warga membersihkan drainase sekitar kawasan pemukiman di Kelurahan Kejaksan Rabu 23 Juni 2021. Selama dua bulan ke depan, ratusan warga Kota Cirebon yang tak memiliki pekerjaan, bakal mendapatkan penghasilan dari program padat karya tunai bantuan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. /Pikiran Rakyat/Ani Nunung Aryani

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kota Cirebon mendapat kucuran dana untuk program padat karya tunai (PKT) lebih dari Rp1,3 miliar.

Dana sebanyak itu bakal menyelamatkan ekonomi keluarga setidaknya 725 kepala keluarga (KK), selama dua bulan ke depan.

Menurut Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, program padat karya tunai (PKT) atau cash for work (CFW) merupakan program Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang tahun ini.

“Di Kota Cirebon ada delapan kelurahan yang dipilih untuk mendapatkan bantuan program padat karya tunai,” ungkap Eti di sela-sela kegiatan meninjau pelaksanaan pekerjaan padat karya di Kelurahan Kejaksan, Rabu 23 Juni 2021.

Baca Juga: Said Aqil Sebut Lewat Vaksin Corona, Indonesia Berpotensi ‘Diambil Alih’ Asing

Sasaran program PKT di Kota Cirebon, lanjutnya, melibatkan sedikitnya 725 tenaga kerja dengan nilai hari orang kerja (HOK) lebih dari Rp1,3 miliar.

Program ini, menurutnya, memprioritaskan warga setempat yang tidak memiliki penghasilan tetap atau tidak memiliki pekerjaan.

Warga yang berpenghasilan rendah dan sangat terdampak dari pandemi Covid-19, lanjutnya, bisa mendapatkan upah.

"Upah ini yang dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian di Kota Cirebon," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat