kievskiy.org

Dampingi Presiden Jokowi Salurkan BPUM, Dirut BRI Ungkap Strategi Optimalkan Penyaluran BPUM 2021

Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 30 Juli 2021.
Penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 30 Juli 2021. /BRI

PIKIRAN RAKYAT - Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak hanya berperan sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia, namun konsisten mengangkat peran sosial bagi masyarakat. 

BRI terus berupaya menyukseskan penyaluran stimulus Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Sampai dengan saat ini, tercatat jumlah penerima BPUM 2021 melalui BRI berjumlah 8,2 juta penerima dengan total jumlah bantuan yg disalurkan sebesar Rp9,84 triliun.

Dalam acara penyerahan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 30 Juli 2021, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, BPUM tersebut diharapkan dapat membantu pemulihan kondisi perekonomian. 

“Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk BPUM ini Rp15,3 triliun  yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang ada di seluruh tanah air. Kita berharap ini bisa membantu ekonomi kita semuanya,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Belum Vaksin? Hindari Tiga Tempat Ini Kalau Tidak Mau Ambil Resiko Terpapar Covid-19

Dalam acara penyerahan tersebut turut hadir jajaran Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Hadir pula Direktur Utama lembaga keuangan sebagai mitra penyalur bantuan BPUM yakni Direktur Utama BRI Sunarso.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, BRI berupaya maksimal dalam penyaluran BPUM di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang tengah berlangsung saat ini. 

Upaya itu antara lain hadirnya inovasi BPUM Reservation System untuk memudahkan dan mempercepat pencairan BPUM. 

“Hingga saat ini realisasi penyaluran mencapai angka 77% dan kami optimis bisa selesai sesuai target akhir tahun ini,” ujarnya. 

Baca Juga: Level Karawang Turun dari Zona Merah ke Oranye, Pemkab Belum Berani Melonggarkan Pengetatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat