kievskiy.org

Industri Akuakultur Perlu Keberlanjutan, Ajak Anak Muda Lebih Aktif

Ilustrasi budidaya ikan. Pekerja mengaktifkan perangkat e-Fishery SmartFeeder atau pemberi pakan pintar di Cileles, Lebak, Banten, Sabtu, 21 Agustus 2021.
Ilustrasi budidaya ikan. Pekerja mengaktifkan perangkat e-Fishery SmartFeeder atau pemberi pakan pintar di Cileles, Lebak, Banten, Sabtu, 21 Agustus 2021. /Antara Foto/Muhammad Bagus Khoirunas ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - Industri akuakultur di Indonesia berkembang dengan pesat. Namun, sektor ini masih menghadapi banyak tantangan bagi para pelaku akuakultur di Indonesia, di antaranya permasalahan efisiensi pakan serta akses terhadap permodalan dan pasar. 

Berbagai kondisi yang kurang menguntungkan tersebut secara signifikan telah mengurangi minat orang-orang untuk terlibat di sektor ini, khususnya generasi muda. Hal inilah yang mendasari dibentuknya eFishery Academy. 

Oleh karena itu, Chief of Staff dan Co-Founder eFishery Chrisna Aditya mengatakan, eFishery Academy yang merupakan industri akuakultur nasional akan menggandeng anak muda untuk secara aktif terlibat. 

"Caranya dengan bekerja sama dengan Kampus Merdeka, seperti Universitas Gadjah Mada dan Universitas Brawijaya, eFishery ingin mengajak seluruh pihak untuk turut serta membangun ekosistem akuakultur yang berkelanjutan di Tanah Air," kata Chrisna.

Baca Juga: Zikri Daulay Move On dari Henny Rahman tapi Masih Tak Rela Anaknya Panggil 'Pria Lain' Ayah

Dia percaya bahwa penting untuk mengikutsertakan pelajar, ilmuwan, dan semua yang memiliki pengalaman dan ketertarikan di bidang akuakultur. Termasuk mengajak anak muda untuk terlibat secara aktif di sektor ini demi mendorong terjadinya transfer pengetahuan lintas generasi.

“Ini demi memastikan kesinambungan dan keberlanjutan ekosistem akuakultur,” ungkap Chrisna melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 24 Agustus 2021.

Chrisna menjelaskan, ada tiga program dalam eFishery Academy. Pertama, Aqua-Scientist selama 2-4 minggu, peserta eFishery Academy (eFishery Squad) akan belajar lebih banyak mengenai metode penelitian dan melakukan pengumpulan data dan informasi yang dibutuhkan untuk memajukan industri akuakultur. 

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 26 Agustus 2021: Jujur Soal Reyna, Aldebaran dan Andin Dapat Ancaman Baru?

Kemudian, program Aqua-Troops  3-6 bulan, dimana para Squad terlibat secara aktif dalam keseharian operasional bisnis dan mengerjakan proyek akhir yang mampu menghadirkan inovasi untuk mendorong kemajuan sektor akuakultur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat