kievskiy.org

Kongres Ekonomi Umat II MUI Lahirkan Resolusi Jihad Ekonomi Umat

Penandatangan Resolusi Jihad Ekonomi Umat oleh sejumlah pemangku pada saat penutupan Kongres Ekonomi Umat II Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, 12 Desember 2021.
Penandatangan Resolusi Jihad Ekonomi Umat oleh sejumlah pemangku pada saat penutupan Kongres Ekonomi Umat II Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, 12 Desember 2021. /Pikiran Rakyat/Muhammad Ashari

PIKIRAN RAKYAT - Kongres Ekonomi Umat II Majelis Ulama Indonesia, melahirkan resolusi berjudul Jihad Ekonomi Umat pada Minggu, 12 Desember 2021.

Resolusi itu berangkat dari kondisi penguasaan sektor ekonomi yang masih minim oleh umat islam yang merupakan mayoritas di Indonesia. 

Ketua Steering Committee Kongres Ekonomi Umat, Lukmanul Hakim, mengatakan, minimnya penguasaan ekonomi di Indonesia oleh umat islam menjadi kondisi yang memprihatinkan.

Padahal, umat islam di Indonesia tergolong mayoritas. Gerakan yang fokus pada pemberdayaan umat dipandangnya sangat diperlukan pada saat ini. 

Baca Juga: Petaka di Tol Jakarta-Cikampek Telan Korban, Pasangan Suami Istri Dikabarkan Meninggal Dunia

“Kita sangat memahami bahwa kesulitan, kefakiran, kemiskinan bisa menyebabkan kekufuran atau kesesatan. Ini merupakan jihad kita, para alim ulama di MUI, masyarakat yang peduli pada ekonomi umat Islam agar bisa keluar dari kondisi kesulitan itu,”  ujar Lukman saat penutupan Kongres Ekonomi Umat II di Jakarta, Minggu, 12 Desember 2021. 

Ia menambahkan, orientasi kongres yang telah berlangsung sejak 10 Desember 2021 itu pada dasarnya fokus dalam upaya mencari cara agar umat islam bisa lebih berperan secara optimal dalam perekonomian. 

Sembilan poin resolusi

Menurutnya, dari kongres telah dilahirkan Resolusi Jihad Ekonomi Umat bertema 'Arus Baru Penguatan Ekonomi Indonesia'.

Baca Juga: Ramalan Jayabaya Sebut Pulau Jawa akan Terbelah, Paranormal: Mungkin Tanpa Disadari, Sebenarnya Sudah Terjadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat