kievskiy.org

Masuknya Virus Corona ke Indonesia dan Harga Minyak akan Berdampak pada Penyusunan APBN 2021

Menteri Keunganan, Sri Mulyani.*
Menteri Keunganan, Sri Mulyani.* /Dok. Kemenkeu Dok. Kemenkeu

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menerangkan bahwa saat penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 pastinya akan melibatkan permasalahan virus corona atau covid-19 dan harga minyak saat ini.

“Pertama, terjadinya coronavirus yang sampai hari ini mungkin kita masih harus melihat perkembangannya dan dampak ekonominya di dalam negeri.

"Dan terutama juga dari luar negeri yang merembes ke dalam negeri,” ujar Sri Mulyani sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dalam Setkab.

Baca Juga: Ceritakan Pengalaman Berada di Kapal Pesiar yang Dikarantina karena Virus Corona, Penumpang: Orang-orang Berebut Makanan Busuk

Ia menambahkan faktor kedua dalam penyusunan APBN adalah melihat dari harga minyak terutama terkait dinamika antara Saudia dengan Rusia.

Dan juga melihat dari sisi OPEC dan non OPEC yang dapat menyebabkan harga minyak turun sangat drastis dalam dua hari terakhir.

“Kekhawatiran mengenai Covid-19 ini di seluruh dunia telah menyebabkan koreksi sangat tajam di pasar-pasar keuangan.

Baca Juga: Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Akan Ditanam di DAS Citarum, Tri : Luas Lahan di Dalam Area DAS Mencapai 15.000 Hektare

"Jadi kita juga harus mengantisipasi dampaknya terhadap lembaga-lembaga keuangan,” ujar Sri Mulyani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat