kievskiy.org

Rhenald Kasali Sentil Influencer Pamer Harta Bak Sultan: Mereka Itu Bermuka Dua

Prof. Rhenald Kasali, Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Prof. Rhenald Kasali, Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia /Tangkap Layar zoom


PIKIRAN RAKYAT - Pakar Bisnis, Rhenald Kasali mengungkap fenomena influencer yang suka memamerkan harta kekayaannya bak 'sultan' bisa membeli barang-barang mewah.

Rhenald Kasali mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap influencer yang mengaku kaya untuk ikut berinvestasi.

"Dalam kasus penipuan, ini adalah win lose. Anda hanya akan dibuat senang di depan, setelah itu kemudian menderita," kata Rhenald Kasali di kanal YouTube-nya, Selasa, 1 Februari 2022.

Baca Juga: Fadli Zon Bongkar soal Terorisme di Indonesia, Kebijakan Pemerintah Dianggap Islamofobia

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) itu mengungkapkan ciri-ciri influencer yang memamerkan hartanya padahal sebenarnya tidak. Istilah ini disebut flexing.

Flexing merupakan fenomena yang biasa terjadi di kehidupan bermasyarakat. Fenomena ini ketika orang doyan memamerkan kekayaannya.

Menurutnya, influencer tersebut tidak bisa dipercaya terutama jika mengajak orang lain ikut berinvestasi.

Baca Juga: 18 Dosen Unisba Masuk Daftar Ilmuwan Teratas

"Omongannya selalu harta-harta, uang-uang, gampang-gampang, be careful tidak ada yang mudah, tidak ada yang gampang," kata Rhenald Kasali.

Selain itu, Rhenald Kasali pun menyebut ada influencer yang menggunakan cara-cara tertentu untuk mengajak orang lain berinvestasi. Tapi nyatanya menipu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat