kievskiy.org

Telur Ayam Ras Penyumbang Inflasi Terbesar Sektor Pangan Selama Mei 2022, BPS Ungkap Penyebabnya

BPS sebut telur ayam ras penyumbang inflasi terbesar sektor pangan.
BPS sebut telur ayam ras penyumbang inflasi terbesar sektor pangan. /Pexels/Mikhail Nilov

PIKIRAN RAKYAT - Telur ayam ras disebutkan menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi secara keseluruhan, yaitu memberikan andil sampai dengan 0,05 persen pada bulan Mei 2022 kemarin.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono yang menyebutkan bahwa komoditas telur ayam ras, ikan segar, dan bawang merah merupakan pemicu terjadinya inflasi mencapai 0,4 persen.

Ketiga bahan pangan itu menjadi masuk ke dalam kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau yang memberi andil terbesar dari 11 kelompok pengeluaran terhadap inflasi Mei.

“Penyumbang terbesar berasal dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau memberikan andil terhadap persentase sebesar 0,2 persen,” ujar Margo Yuwono di dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Kamis, 2 Juni 2022.

Baca Juga: Rekaman Suara dari Swiss Bocor, Kondisi Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Jadi Sorotan

Terutama kepada telur ayam yang menjadi penyumbang terbesar. Berdasarkan pantauan BPS di 90 kota, hal ini terjadi karena harga pakan ayam yang meningkat.

Selain itu, permintaan telur ayam di sejumlah daerah mengalami peningkatan, terutama karena adanya pertambahan harga telur ayam ras di berbagai kota yang ada.

Menyusul inflasi harga telur, harga ikan segar juga memiliki andil cukup besar di angka 0,04 persen. Hal ini diakibatkan oleh cuaca buruk yang melanda berbagai daerah perairan di Indonesia.

Akibatnya para pelayan tidak bisa melaut dan hanya mendapatkan hasil tangkapan ikan yang terbatas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat