kievskiy.org

Sri Mulyani di G20: Kalau Masih Ada Tiga Ancaman Ini Negara Maju Sekalipun Takkan Bebas dari Utang

Ilustrasi utang.
Ilustrasi utang. /Pixabay/Rilsonav Pixabay/Rilsonav

PIKIRAN RAKYAT – Ada tiga ancaman global yang kini membayangi keberlangsungan hidup negara-negara di dunia, kata Menteri Keuangan RI (Menkeu) Sri Mulyani.

Pada Pembukaan Pertemuan Ketiga Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral (3rd FMCBG) G20 Indonesia 2022, di Nusa Dua, Bali, Sri Mulyani mengungkap tiga petaka yang mesti diantisipasi dunia.

Ketiganya ialah perang dan eskalasi menuju perang, lonjakan harga komoditas, dan peningkatan inflasi global.

Semua masalah tersebut berkaitan erat dengan utang sebab secara langsung berdampak signifikan dan melambungkan angkanya.

Baca Juga: Sri Mulyani: Ancaman Utang Bukan Cuma untuk Negara Miskin

Bahayanya, Sri Mulyani menekankan, dampak ini bukan terjadi bagi negara-negara berpenghasilan rendah saja, melainkan juga bagi negara yang berpenghasilan menengah bahkan ekonomi maju.

Menkeu menjelaskan, sebelum pandemi dan saat pandemi, ruang fiskal telah digunakan berbagai negara yang berimplikasi pada peningkatan posisi utang.

Dengan tiga ancaman tersebut ikut membayangi, situasi berbagai negara akan menjadi sangat kompleks untuk dikelola, termasuk Indonesia.

Tantangan signifikan ini, menurut Sri Mulyani saling berkelindan rumit dengan masalah-masalah global lain yang belum terpecahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat