kievskiy.org

Industri Perbankan Miliki Peranan Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Diharapkan Dapat Dongkrak UMKM

Ilustrasi ekonomi Indonesia.
Ilustrasi ekonomi Indonesia. /Freepik

PIKIRAN RAKYAT – Industri perbankan menjadi salah satu aspek penting dalam perekonomian setiap negara, termasuk Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta kepada perbankan untuk bisa menyelaraskan lending appetite.

Lending appetite atau keinginan penyaluran kredit untuk dunia usaha demi memastikan dukungan yang cukup bagi sektor-sektor pendorong pemulihan ekonomi seiring dengan membaiknya permintaan masyarakat.

Menurut Airlangga, industri perbankan merupakan salah satu peranan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga: Polwan Bandung Ditemukan Tewas dalam Posisi Duduk, Kondisi Kontrakannya Jadi Sorotan

“Di tengah berbagai ketidakpastian, intermediasi keuangan oleh perbankan tetap tumbuh positif,” kata Airlangga yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Pada bulan Juli 2022, kredit mengalami pertumbuhan sebanyak 10,71 persen secara tahunan (year of year) yang ditopang oleh peningkatan pertumbuhan di seluruh jenis kredit serta sebagian besar sektor ekonomi.

Oleh sebab itu, Airlangga berharap bahwa perbankan bisa mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa segera naik kelas melalui pembiayaan, termasuk juga dalam platform digital.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa sebanyak 19 juta UMKM telah masuk ke dalam ekosistem digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat