kievskiy.org

Teten Masduki Sebut 4 Syarat Menuju Indonesia Negara Maju pada 2045

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. /Pixabay.com/Tumisu

PIKIRAN RAKYAT – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, memaparkan empat syarat yang harus dipenuhi menuju Indonesia jadi negara maju.

Indonesia menjadi negara maju ditargetkan berlangsung pada momen hari jadi ke-100 tahun pada 2045, menghadapi kekuatan ekonomi dunia yang tangguh.

Teten mengatakan Indonesia sudah banyak diprediksikan oleh lembaga-lembaga internasional salah satunya IMF, yang memproyeksikan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi dunia keempat setelah AS, China, dan India.

Baca Juga: 10.000 Orang Layangkan Ancaman ke Persib, Viking: Satu Kata, Lawan!

“Oleh karena itu, pemerintahan Presiden Joko Widodo terus melakukan modernisasi Indonesia untuk 2045,” ujar MenKopUKM menanggapi yang sudah ia sampaikan.

Teten menjelaskan ada empat syarat yang harus dipenuhi menuju Indonesia 100 tahun pada 2045 diantaranya sebagai berikut.

  1. PDB harus terus digenjot, minimal mencapai pendapatan per kapita sebesar 12 ribu dolar AS.
  2. Peralihan dari pertanian ke manufaktur, dengan langkah hilirisasi industri.

“Di dalamnya mencakup mengembangkan produk substitusi impor dan berorientasi ekspor. Nantinya, industrialisasi kita lebih mengarah ke pengolahan hasil tambang, termasuk                   sawit. Harus juga ada peningkatan produktivitas,” ujar MenKopUKM.

Baca Juga: Tulang Belulang Berserakan, Taliban Temukan Kuburan Massal 12 Jenazah di Afghanistan

  1. Human Development Index (HDI) Indonesia juga harus terus meningkat.

Teten mengatakan, selain meningkatkan kualitas jaminan sosial, seperti Kartu Indonesia Pintar, Kartu PraKerja, Kartu Indonesia Sehat, dan sebagainya, pendidikan vokasi harus                   juga  meningkat agar bisa masuk ke dunia kerja. 

  1. Adanya kemudahan dalam berusaha (berbisnis).

Teten mengatakan bahwa kemudahan dalam berusaha ini sudah ada dalam UU Cipta Kerja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat