kievskiy.org

Remaja Asal Pekanbaru Isi Liburan dengan Jualan Es Buah: Modal Rp200 Ribu, Omzet Rp20 Juta

Produksi es buah yang dilakukan Hana Dhiya, pelaku UMKM asal Pekanbaru.
Produksi es buah yang dilakukan Hana Dhiya, pelaku UMKM asal Pekanbaru. /Dokumentasi Hana Dhiya

PIKIRAN RAKYAT - Hana Dhiya (21) berbeda dari kebanyakan remaja seusianya. Saat kebanyakan teman-temannya menunggu waktu masuk kuliah dengan liburan, Hana Dhiya memanfaatkannya dengan merintis usaha es buah.

Semua bermula pada tahun 2018. Bermodal uang Rp200.000 dan semangat yang menggebu, Hana Dhiya memulai usahanya meski tak langsung mendapat banyak pelanggan.  

Produk es buahnya semakin dikenal banyak orang ketika Hana memasarkannya lewat media sosial. Para pelanggannya, yang didominasi ibu-ibu muda asal Pekanbaru dan sekitarnya, memesan lewat Instagram.

Pemasaran lewat media sosial juga memungkinkan Hana untuk mempromosikan produknya secara luas. Hana sering mendapatkan pelanggan dari daerah yang relatif jauh.

"Misalnya aja ada pembeli jauh dari daerah Riau, Kerinci, dan Dumai” kata Hana. Menurutnya, es buah produksinya bisa tahan hingga 8 jam perjalanan.

Hana mengatakan, seberapa lama es buah bisa bertahan bergantung pada kualitas bahan bakunya. Oleh karena itu, Hana membeli bahan baku terbaik di pasar agar es buahnya bisa bertahan lama. Hana mengatakan, es buahnya bisa bertahan hingga satu bulan jika disimpan di freezer.

Baca Juga: Kisah Sukses Pelaku UMKM Kembangkan Tauco Cookies: Jangan Ikut-ikutan Produk yang Viral

Hana menuturkan, hari-hari besar adalah salah satu momen ketika es buahnya banyak dipesan. Saat Lebaran misalnya, Hana mengaku banyak menerima pesanan es buah paket family pack yang berukuran besar.

Dari usahanya, Hana mendapatkan banyak relasi seperti berkenalan dengan orang baru, rekan-rekan bisnis, dan mitra UMKM lainnya. Dari relasi inilah penjualannya kian meningkat.

Selama empat tahun menjalankan usaha es buah, pelanggannya kian banyak. Omzet yang ia raih tidak selalu sama setiap bulannya, namun, ia pernah mendapatkan omzet tertinggi yakni Rp20.000.000 per bulan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat