kievskiy.org

Usaha Aksesori dari Kain Flanel: Modal Rp50 Ribu, Untungnya Berkali-kali Lipat

Salah satu produk Kin's Home Craft.
Salah satu produk Kin's Home Craft. /Dok. Kin's Home Craft

PIKIRAN RAKYAT - Pemilik Kin’s Home Craft tidak menyangka usaha aksesori dari bahan kain flanel yang mulanya bermodal Rp50.000, kini menghasilkan profit berkali-kali lipat. Dia mengaku hanya iseng saat memulai usahanya.

“Awalnya saya seneng sama kerajinan flanel terus iseng buat, eh ternyata saya tertarik buat bisnis dari flanel, jadi saya dikasih modal Rp50.000 buat bahan flanel. Kalau zaman dulu, dengan uang segitu bisa beli berbagai macam bahan, ya,” sebutnya.

Usaha mikro kecil dan menengah asal Surakarta, Jawa Tengah, itu berdiri pada tahun 2014. Mulanya, produk yang dihasilkan Kin’s Home Craft hanya gantungan kunci yang dibuat dari kain flanel menjadi beragam karakter.

Saat dipasarkan, ternyata respons konsumen sangat positif. Walhasil, produknya pun ditambah tidak hanya gantungan kunci, melainkan juga boneka, bucket bunga, dan berbagain aksesori lainnya.

Seiring waktu, Kin’s Home Craft mulai kebanjiran pesanan. Produk pun kembali ditambah dengan membuat sepatu anak, buku anak, soft book, hiasan pensil, bantal custom, dan suvenir untuk pesta. 

Baca Juga: Sefrigraphy Berjuang Lewat Lensa, Ungkap Pentingnya Foto Produk yang Bagus untuk UMKM

Kini, produksi suvenir untuk pernikahan menjadi prioritas Kin’s Home Craft karena lebih mudah dari segi pemasaran.

Tantangan

Terlepas dari kesuksesannya, bukan berarti Kin’s Home Craft tak menemui tantangan sepanjang menjalankan usahanya.

Contohnya, pada tahun 2014 hingga 2016, pemilik berusaha untuk memutar hasil usahanya menjadi modal karena belum banyak yang mengenal dan membeli produknya.

Pada tahun 2017, ketika usahanya mulai maju, pemilik usaha Kin’s Home Craft sudah mulai mengikuti berbagai macam pelatihan dari pemerintah setempat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat