kievskiy.org

Harga Beras di Cimahi Merangkak Naik, Kondisi Cuaca Diduga Jadi Pemicunya

Ilustrasi beras.
Ilustrasi beras. /Pixabay/ allybally4b

PIKIRAN RAKYAT - Harga beras mengalami kenaikan sejak beberapa pekan terakhir di pasaran Kota Cimahi. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan harga beras masih mengalami kenaikan hingga saat ini.

Hasil pantauan di lapangan, harga beras mengalami kenaikan secara bertahap. Kenaikan harga mulai Rp1.000 per kilogram hingga Rp2.000 per kilogram.

Seperti diungkapkan pedagang beras di Pasar Antri Kota Cimahi, Lola (35), saat ini harga beras premium yang awalnya Rp10.500 per kilogram kini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

"Awalnya harga beras ini Rp10.500 per kilogram, terus naik sampai sekarang jadi Rp13.000 per kilogram," ujarnya pada Minggu, 5 Februari 2023.

Baca Juga: Momen Lucu Luis Milla Mendadak Jadi Sopir Bus Persib, Merespons Unggahan PSS Sleman

Ia mengatakan, harga beras tersebut merangkak naik sejak tiga bulan yang lalu. Namun, kenaikan yang cukup signifikan baru terjadi sejak satu bulan terakhir.

"Sampai sekarang belum turun lagi," katanya.

Pedagang beras lain Pardi (53) mengatakan, kenaikan harga beras tersebut awalnya hanya terjadi pada beras sayur, kemudian beras medium dan terakhir disusul dengan kenaikan beras premium.

"Rata-rata kenaikannya Rp1.500 per kilogram dan saat ini pasokan juga sudah mulai berkurang. Biasanya saya dapat pasokan 2 ton, tapi sekarang hanya 1 ton," ucap Pardi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat