kievskiy.org

Harga Daging Ayam Melonjak hingga Rp44 Ribu, DKUKMP Cimahi Ungkap Penyebabnya

Pedagang daging ayam broiler di Pasar Subuh Ciamis pada Selasa, 23 Mei 2023.
Pedagang daging ayam broiler di Pasar Subuh Ciamis pada Selasa, 23 Mei 2023. /Pikiran Rakyat/Nurhandoko Wiyoso

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis mengumpulkan pedagang daging ayam di Pasar Manis, berkenaan dengan melambungnya harga daging ayam dan telur. Naiknya harga daging ayam mengakibatkan permintaan komoditi peternakan tersebut turun.

“Kami segera kumpulkan pedagang daging ayam yang berjualan di Pasar Manis, di luar pedagang daging ayam di kaki lima. Kami ingin tahu akar permasalahan mengapa harga daging ayam melambung tinggi,” kata Kepala DKUKMP Kabupaten Ciami Asep Khalid Fajari pada Rabu, 24 Mei 2023.

Didampingi Kepala Bidang Perdagangan Asep Sulaeman lebih lanjut dia menambahkan, kenaikan harga daging hanya terjadi di pasar, sedangkan di kandang harga tetap. Saat ini harga ayam di kandang Rp22.000 per kilogram, kemudian di tingkat pemotongan Rp26.000. Sedangkan di pasar harga menyentuh Rp44.000.

Untuk itu, lanjutnya, DKUKMP akan memfasilitasi pertemuan antara pemotong dengan pedagang atau pengecer. Saat ini jumnlah pedagang daging ayam, sesuai kios sebanyak 30 pedagang.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beberkan Opsi Langkah Politik, Maju Pilkada Jabar atau DKI Jakarta

“Sebelumnya, kami harus bertemu dengan pedagang, baru kemudian mempertemukan dengan pemotong, dilanjutkan dengan membuat perjanjian. Termasuk pokok bahasan segera mengatasi lonjakan harga, salah atunya memotong rantai distribusi,” ujarnya.

Berkenaan dengan naiknya harga telur ayam negeri atau ras, Asep Khalid mengatakan bahwa penyebabnya karena produksi telur turun. Kemungkinan penurunan produksi akibat pengaruh cuaca, selain itu banyak peternak yang mengakfirkan ayam petelur.

“Informasi yang kami terima, produksi telur turun karena sejumlah peternak mengafkirkan ayam petelur atau ayamnya sudah kaling, tidak produktif. Selain itu juga ada yang mengafkirkan lebih awal, akibatnya pasokan telur berkurang,” katanya.

Baca Juga: Demi Beli Skincare, Kades Katulisan Serang Diduga Embat Dana Desa Rp499 Juta

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat