kievskiy.org

Daftar 4 Tips Menghindari Penipuan Online, Teliti sebelum Klik

Ilustrasi penipuan online.
Ilustrasi penipuan online. /Pixabay/Ri_Ya

PIKIRAN RAKYAT - Penipuan online membuat masyarakat mesti berwaspada. Pasalnya, ada banyak modus yang dilakukan penipu.

Ada lima modus penipuan online yang sering digunakan di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan, kelima modus tersebut yakni phising, pharming, sniffing, money mule, dan social engineering.

Phising biasanya dilakukan oleh pelaku yang mengaku dari lembaga resmi. Pelaku biasanya menghubungi melalui sambungan telepon, surel atau pesan teks.

Kedua pharming, pelaku mengarahkan korban ke situs web palsu. Bila korban mengeklik enteri domain name system atau DNS, akan tersimpan dalam bentuk cache. Pelaku memasang malware di situs web palsu, dengan demikian pelaku bakal mengakses perangkat korban secara ilegal.

Baca Juga: Doa agar Dimudahkan Segala Urusan Lengkap dengan Latin dan Artinya

Sementara sniffing, pelaku meretas untuk mengumpulkan informasi yang ada di perangkat korban dan mengakses aplikasi yang menyimpan data penting. Modus tersebut bisa terjadi kala korban menggunakan Wi-Fi publik, apalagi bila digunakan untuk bertransaksi.

Selanjutnya modus money mule, pelaku meminta korban menerima sejumlah uang di rekeningnya, lalu dikirim ke orang lain. Pelaku bakal melakukan kliring cek yang bila diperiksa adalah palsu.

Modus kelima, social engineering merupakan cara yang dilakukan pelaku dengan memanipulasi psikologis korban untuk mendapat informasi yang penting, seperti meminta one-time password atau OTP. Lalu bagaimana cara agar terhindar dari modus tersebut?

Baca Juga: Diajarkan Rasulullah pada Aisyah, Berikut Doa agar Diberi Takdir Baik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat