kievskiy.org

Ingin Majukan UMKM Perikanan, BNI Dukung Program Kemenko Maritim dan Investasi

BNI mendukung penuh kerja sama antara Kemenko Maritim dan Investasi dengan Perindo untuk memajukan UMKM sektor perikanan dan kelautan.*
BNI mendukung penuh kerja sama antara Kemenko Maritim dan Investasi dengan Perindo untuk memajukan UMKM sektor perikanan dan kelautan.* /Dok. BNI Dok. BNI

PIKIRAN RAKYAT - PT Bank Negara Indonesia (BNI) mendukung kerja sama antara Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Maritim dan Investasi dengan Perum Perikanan Indonesia (Perindo).

Kerja sama antara Kemenko Bidang Maritim dan Investasi dengan Perindo dalam bidang perikanan dan kelautan, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.

BNI berkomitmen akan melayani perbankan dari hulu sampai hilir kerjas sama itu, dengan semangat memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang perikanan dan kelautan.

Baca Juga: Menangis di Sidang Perdana Vanessa Angel, Bibi Ardiansyah: dalam Tiga Hari Ini Dia Stres

Contohnya, BNI akan memberikan literasi keuangan yang berkelanjutan, mulai dari pembukaan rekening bagi nelayan, bantuan permodalan baik pada UMKM, maupun korporasi yang tergabung dalam ekosistem Kelautan dan Perikanan.

BNI juga melakukan pendampingan kepada nelayan dan pedagang ikan, serta seluruh UMKM yang terlibat dalam ekosistem Kelautan dan Perikanan.

Peran BNI di bagian hulu, diwujudkan dengan memberikan dukungan permodalan bagi korporasi seperti Perum Perindo beserta mitra nelayan binaannya, sehingga pasokan ikan bagi masyarakat dapat terpenuhi.

Demikian juga dengan dukungan digitalisasi, nelayan tidak perlu takut kesulitan mencari ikan, dapat memenuhi seluruh kebutuhan melautnya, dan setelah kembali dari melaut telah ada pembeli yang siap mengambil hasil tangkapan nelayan.

Baca Juga: Pemain Muda Persib Ungkapkan Kesannya Gabung Senior, Singgung soal Adaptasi

Di bagian hilir,, BNI juga berkomitmen memberikan bantuan permodalan dan pendampingan bagi Agen46 selaku agen Lakupandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif), serta UMKM yang berminat untuk bergabung menjadi outlet penjual ikan di seluruh Indonesia secara digital. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat