kievskiy.org

Cara Cek BLT El Nino Rp400.000 Lewat Aplikasi Cek Bansos, KPM Harus Terdaftar di DTKS

Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang. /Pikiran Rakyat/Hani Febriani

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tambahan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan anggaran sebesar Rp7,52 triliun akhir tahun 2023. BLT ini diluncurkan untuk mengantisipasi dampak El Nino yang memicu kenaikan harga sejumlah komoditas, khususnya bahan pangan.

Kini Kementerian Sosial (Kemensos) mencatat 18,8 juta calon penerima BLT El-Nino yang berasal dari kelompok miskin dan rentan miskin yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Besaran yang akan didapat yakni Rp400.000 per KPM. BLT El Nino disalurkan dalam dua tahap, yakni November dan Desember dengan besaran Rp200.000 per bulan.

Baca Juga: Boikot Produk Pro Israel? Ini Daftarnya, dari Fesyen, Makanan, dan Gawai

Cara Cek Penerima BLT El Nino Melalui Aplikasi

  • Unduh Aplikasi Cek Bansos dengan logo Kementerian Sosial RI dari Google Play Store atau App Store
  • Buat akun baru dengan mengisi data berupa Nomor Induk kependudukan (NIK) KTP, Kartu Keluarga (KK), email, nomor handphone, dan alamat sesuai KTP
  • Unggah foto KTP
  • Unggah swafoto bersama KTP
  • Tunggu verifikasi data oleh petugas Kemensos yang dikirimkan melalui email
  • Login menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang telah dibuat
  • Pilih menu Cek Bansos
  • Klik Cari Data. Jika terdaftar, maka nama KPM akan muncul.

Penyaluran BLT El Nino akan ditransfer langsung ke rekening penerima guna memastikan bantuan sampai pada periode yang telah ditentukan.

BLT Dampak Kemarau Panjang El Nino

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meluncurkan paket kebijakan APBN untuk menjaga stabilitas dan momentum pemulihan ekonomi. Kebijakan tersebut diluncurkan menyusul gejolak ekonomi global hingga kemarau panjang akibat El Nino.

Kemunculan El Nino mengakibatkan lonjakan harga komoditas seperti beras yang memicu tekanan inflasi tinggi. Selain itu, tingginya suku bunga di negara maju dan melemahnya perekonomian global juga berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Ketua MK Suhartoyo: InsyaAllah Saya Tidak Akan Terkontaminasi

Dampak perubahan iklim yang ekstrem ini terhadap masyarakat berpenghasilan rendah salah satunya adalah kehilangan mata pencaharian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat