kievskiy.org

BUMDes Kemudo Makmur Kelola BRILink di Toko Desa, Modal Awal Hanya Rp5 Juta Kini Transaksi Tembus Rp500 Juta

Oni, saat melayani transaksi pelanggan BRILink di Kamajaya Mart.
Oni, saat melayani transaksi pelanggan BRILink di Kamajaya Mart. //Pikiran-Rakyat.com/Nopsi Marga /Pikiran-Rakyat.com/Nopsi Marga

PIKIRAN RAKYAT – Kamajaya Mart merupakan salah satu lini usaha BUMDes Kemudo Makmur Desa Kemudo di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Sebagai toko ritel pendatang baru, Kamajaya Mart kini bisa diadu dengan retail modern yang menguasai pasar.

Bukan sekadar retail biasa, Kamajaya Mart juga menjadi rumah untuk produk UMKM unggulan warga Desa Kemudo, agar bisa dikenal secara lebih luas. Sehingga perekonomian warga terus berputar, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kamajaya Mart juga menjadi markas layanan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dilaksanakan oleh BUMDes Kemudo Makmur. Semenjak Desa Kemudo menjadi finalis Desa BRILian tahun 2021 lalu, layanan BRILink sudah tersedia di Kamajaya Mart.

Perjalanan BRILink Kamajaya Mart untuk bertemu dengan pelanggannya cukup panjang. Pasalnya, saat awal tersedia, layanan BRILink hanya bisa diakses di kantor BUMDes Kemudo Makmur, yang berada di dalam kantor desa, notabene berada di dalam kampung.

Baca Juga: Desa BRILian Kemudo Ubah Bongkahan Limbah Industri Jadi Modal Warga untuk Berdaya dan Mandiri

Saat BRILink hanya tersedia di kantor desa, tak banyak masyarakat bertransaksi menggunakan layanan tersebut. Namun setelah pindah ke Kamajaya Mart, BUMDes Kemudo Makmur tak perlu repot-repot menggaet calon nasabah, karena kebanyakan mereka datang sendiri.

“Pertama adanya di BUMDes, karena belum buka di toko ini, di BUMDes kurang jalan, hanya ada transaksi yang setor-setor aja. Tapi semenjak pindah di toko tahun 2022 akhir, transaksinya sudah banyak banget sekarang,” ujar Oni, admin PPOB BRILink Kamajaya Mart kepada Pikiran-Rakyat.com.

Oni menuturkan kepada Pikiran-Rakyat.com bahwa mereka tak perlu repot mencari nasabah. Bahkan sudah ada pasar untuk nasabah BRILink, karena lokasi Kamajaya Mart sangat strategis dan berada di dekat PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM).

Target pertama nasabah BRILink di Kamajaya Mart tak lain adalah sopir yang mayoritas menggunakan BRI sebagai fasilitas perbankan yang mudah dijangkau. Sejak awal bahkan pihak Kamajaya Mart dan BUMDes Kemudo Makmur tanpa effort mengenalkan adanya layanan BRILink di toko desa tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat