kievskiy.org

Rupiah Anjlok, Ini Cara Bijak dan Cerdas Mengelola Isi Dompet

Ilustrasi mengelola keuangan.
Ilustrasi mengelola keuangan. /Freepik/katemangostar

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), masyarakat perlu lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Sejak 6 April 2024, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diketahui menembus Rp16 ribu.

Kurs rupiah menjadi Rp16.088 per dolar AS pada 16 April 2024, merosot 1,51 persen dari Rp15.848 per dolar AS dalam penutupan perdagangan sebelumnya pada 5 April 2024.

Baca Juga: Rupiah Melemah, Apa Dampaknya bagi Ibu Rumah Tangga?

Sementara pada Jumat hari ini, 19 April 2024, mata uang rupiah menyentuh Rp16.280 per dolar AS atau melemah 0,68 persen dari sebelumnya.

Dalam situasi ekonomi seperti ini, kita pun dihadapkan pada tantangan untuk mengelola keuangan dengan lebih bijak. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kestabilan finansial:

Membuat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan anggaran yang kamu buat realistis, sesuai dengan pendapatanmu.

Selain itu, kamu juga harus memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan dasar. Kamu bisa mengurutkannya sesuai skala prioritas untuk menghindari pembelian barang yang tak perlu.

Kurangi Beli Barang Impor

Langkah selanjutnya adalah mengurangi pembelian dan penggunaan barang impor. Pasalnya, nilai tukar rupiah yang melemah berimbas sangat besar pada harga barang-barang impor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat