kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar Hari Ini Senin 29 April 2024, Rupiah Sedikit Menguat

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Yudhi Mahatma

PIKIRAN RAKYAT - Kurs nilai tukar rupiah ke dollar AS pada hari ini, Senin, 29 April 2024 berada di angka Rp16.210 per dollar AS. 

Nominal tersebut tak jauh berbeda dari kurs rupiah ke dollar AS pada Minggu, 28 April 2024 kemarin, yakni Rp16.241,30. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rupiah mengalami sedikit penguatan. 

Sebelumnya, pada Sabtu, 27 April 2024, kurs rupiah ke dollar AS juga sempat berada di angka Rp16.210. Dilansir dari Antara, angka tersebut merosot 22 poin atau 0,14 persen dari yang sebelumnya Rp16.188. 

Rupiah Diprediksi Menguat

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk David Sumual mengatakan bahwa kurs rupiah berpeluang menguat ke angka Rp16.000 per dolar AS, yang disebut sebagai level psikologis.

"Mungkin saja, karena perkembangannya sangat dinamis. Kalau saya perhatikan ini sekarang mereda kan ketegangannya (konflik Timur Tengah), indeks dolarnya juga sedikit menurun, harga minyaknya juga menurun ya. Bukan tidak mungkin kembali (ke bawah Rp16.000 per dolar AS) ya," katanya, dikutip dari Antara pada Senin, 29 April 2024. 

Meski demikian, David menjelaskan bahwa ada sejumlah hal lain yang perlu diperhatikan. Ia pun menyinggung soal ekspor dan inflasi.

"Kita tahu kan inflasi pangan kita naik cukup tinggi ya beberapa bulan terakhir. Nah ini mempengaruhi inflasi, ekspor-impor kita. Itu mempengaruhi juga fundamental rupiah," ujarnya. 

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia telah menetapkan sejumlah kebijakan untuk memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah akibat memburuknya risiko global. 

Beberapa kebijakan itu adalah menaikkan BI-Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,25 persen, suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen, dan suku bunga lending facility sebesar 25 bps menjadi 7 persen.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat