kievskiy.org

Indeks Literasi Keuangan Naik Signifikan, Sektor Syariah Masih di Bawah Nasional

Ilustrasi keuangan
Ilustrasi keuangan /Pixabay/stevepb

PIKIRAN RAKYAT - Indeks literasi keuangan di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan nasional mencapai 38,0 persen dari sebelumnya 29,7 persen di tahun 2016.

Indeks inklusi keuangan nasional juga menunjukkan kenaikan yang signifikan, dari 67,8 persen di tahun 2016, naik mencapai 76,2 persen di tahun 2019.

"Namun demikian, kenaikan indeks literasi keuangan di sektor syariah masih di bawah nasional. Indeks literasi keuangan syariah yang sebelumnya 8,1 persen di tahun 2016 menjadi 8,93 persen di tahun 2019," kata Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Kristianti Puji Rahayu dalam Diskusi Mikro Forum Syariah – Cobisnis 2020 dengan tema “Peran Perbankan Syariah Mengerek Inklusi Keuangan Di Tengah Pandemi”, Jumat 9 Oktober 2020.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Virus Corona Indonesia per 11 Oktober 2020, Naik Jadi 333.449 Orang

Selain Kristianti Puji Rahayu, tampil juga sebagai narasumber adalah Presdir BCA Syariah John Kosasih, Direktur KBB (Business Coach dan Owner Mie Janda), dan Kepala Divisi Bisnis Jamkrindo Syariah Ari Perdana Ghandi.

Puji mengungkapkan, OJK telah melakukan berbagai terobosan dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah antara lain melalui sosialisasi dan edukasi keuangan syariah ke berbagai kelompok masyarakat.

Pada tahun ini, kata Puji, terdapat total 4.727 rencana kegiatan edukasi dari sedikitnya 2.602 pelaku usaha jasa keuangan. Dari OJK sendiri, akan mengadakan sedikitnya 465 kegiatan.

Baca Juga: Demokrat Bantah Fitnah Jadi Dalang Demo UU Cipta Kerja, Klaim Surat AHY Jadi Bukti

“Di masa pandemi ini kita tetap melakukan kegiatan edukasi dengan menyelenggarakan webinar, seperti edukasi keuangan syariah di kampus-kampus dan pesantren, karyawan dan profesional, serta pelaku UMKM,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat