kievskiy.org

Soroti Surat Utang Negara, Rizal Ramli: Inilah Prestasi Menteri Keuangan

RIZAL Ramli menyampaikan pendapatnya dalam Dialog Kebangsaan dengan tema “Peran Civil Society dalam Pemilihan Presiden 2019” di Terminal Coffee Jalan Hasanudin, Selasa 12 Maret 2019.*/DEWIYATINI/PR
RIZAL Ramli menyampaikan pendapatnya dalam Dialog Kebangsaan dengan tema “Peran Civil Society dalam Pemilihan Presiden 2019” di Terminal Coffee Jalan Hasanudin, Selasa 12 Maret 2019.*/DEWIYATINI/PR /DEWIYATINI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Bank Dunia baru saja mengeluarkan International Debt Statistics (IDS) 2021 yang mencatat utang luar negeri banyak negara.

Salah satunya adalah Indonesia, tercatat hingga akhir 2019 utang luar negeri telah mencapai 402.08 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.880 triliun.

Dengan angka yang cukup fantastis, Indonesia menempati urutan ke-7 dari 10 negara pengutang terbesar di dunia.

Baca Juga: Bocor Liga 1 dan 2 Musim 2020 Ditiadakan, Persib Langsung Ambil Langkah Ini hingga Opsi Berhenti

Sebelum Indonesia, terdapat Tiongkok, Brazil, India, Meksiko, dan Turki, sedangkan di bawahnya ada Argentina, Afrika Selatan dan Thailand.

Dari total utang yang dimiliki Indonesia sebanyak 233,51 miliar dolar atau setara dengan Rp3.415 triliun adalah milik pemerintah pusat dan sisanya adalah milik swasta.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia mengatakan jika posisi utang pemerintah lebih dari 80 persen berupa surat berharga negara.

Baca Juga: Yakin Pelanggan Terus Membayar, Spotify Berencana Naikkan Harga Langganan

Surat berharga itu dapat diperjualbelikan di pasar keuangan yang nilainya bergerak dinamis, bergantung pada ekspektasi investor dalam melihat Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat